Home » » Strategi Belajar Mandiri Efektif

Strategi Belajar Mandiri Efektif

Belajar mandiri bukan berarti belajar sendiri. Seringkali orang menyalahartikan belajar mandiri sebagai belajar sendiri. Kesalah pengertian tersebut terjadi karena pada umumnya mereka yang kuliah di cenderung belajar sendiri tanpa tutoril atau teman . Belajar mandiri berarti belajar secara berinisiatif, dengan ataupun tanpa bantuan orang lain, dalam belajar.

Sebagai manusia yang mandiri, Anda tidak harus mengetahui semua hal. Anda juga tidak diharapkan menjadi manusia jenius yang tidak membutuhkan bantuan orang lain. Salah satu prinsip belajar mandiri adalah Anda mampu mengetahui kapan Anda membutuhkan bantuan atau dukungan pihak lain. Pengertian tersebut termasuk mengetahui kapan Anda perlu bertemu dengan orang lain atau kelompok belajar, .

Bantuan/dukungan dapat berupa kegiatan saling memotivasi untuk belajar, misalnya, mengobrol dengan tetangga, teman dekat atau keabat, seringkali dapat memotivasi diri kita untuk giat belajar. Bantuan/dukungan dapat juga berarti kamus, buku literatur pendukung, kasus dari surat kabar, berita dari radio atau televisi, perpustakaan, informasi tentang jadwal tutorial, dan hal lain yang tidak berhubungan dengan orang.

Yang terpenting adalah Anda mampu mengidentifikasi sumber-sumber informasi. Identifikasi sumber informasi ini dibutuhkan untuk memperlancar proses belajar Anda pada saat Anda membutuhkan bantuan atau dukungan

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Belajar Efektif?
Dalam suasana belajar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Ciptakan EMOSI POSITIF, emosi yang positif akan mempengaruhi kinerja otak kita.. (Pemindaian otak menunjukkan bahwa cuping depan kiri anda menjadi aktif jika anda merasakan emosi positif
  2. Ciptakan MINAT dengan bertanya : Apa manfaatnya bagi aku? (tanyakan pada diri anda) : "Bagaimana aku dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari?"
  3. Temukan GAYA BELAJAR-mu. Apakah VISUAL, AUDITORIAL atau KINESTETIK?
  4. Memperhatikan KEMAMPUAN dan WAKTU yang anda butuhkan dalam belajar.
  5. Pilih TEMPAT dan SUASANA yang nyaman.
  6. Gunakan MUSIK LEMBUT yang dapat membantu konsentrasi belajar.
  7. Buatlah PETA PIKIRAN atau mind mapping untuk membantu mengingat dan memahamimateri yang dipelajari, otak kita lebih mudah mengingat informasi berupa gambar, bentuk-bentuk dan suara. Jadi Peta Pikiran (Mind Map) ini sangat efektif.

2 comments:

PandanwangiGroup Jakarta mengatakan...

Sangat membantu artikel kak, thx ya

PandanwangiGroup Jakarta mengatakan...

Ok banget tulisannya kak

Mengenai Saya

Foto Saya

Jangan pernah sakiti perasaan wanita karena wanita adalah mahluk yang lembut hati dan perasaannya.

Hanya ada 4 Link tiap bulan, Rp 200.000/bulan. Rp.300 ribu + review permanen. Contact Person 082119637817

* Grosir Sepatu Bandung lihat Jual Sepatu Online
 
Copyright © 2013. Diary Apipah - All Rights Reserved