Banyak teman-teman dari kampus, sekolah ataupun kenalan dari internet menanyakan cara bikin website sendiri seperti http://www.diaryapipah.com/ dengan alamat website nama sendiri.

Tidak heran memang, website sekarang sudah menjadi trend dikalangan remaja, kalau menurut Apipah kalau hanya punya akun facebook saja tidak gaul. Memang sih, secara segi fungsi sangat berbeda antara website sendiri dan facebook.

Website atau blog sih ?

Hemmm, Apipah juga bingung membedakan antara keduanya, karena memang mirip-mirip dikit. Kalau website identik dengan perusahaan dan blog identik dengan kumupulan tulisan pribadi yang sering di update, mungkin seperti.

Bagaimana cara membuatnya? apakah mahal ?

Caranya sangat mudah dan harganyapun sangat murah hanya bermodalkan uang Rp. 100.000 bisa cepat mempunyai blog pribadi uang segitu hanya untuk membeli domain alias alamat website dan untuk file penyimpanannya menggunakan hosting milik Google.

Dimana  mulainya?

Sangat gampang, jika sudah punya email gmail, tinggal masuk saja kehalaman website penyedia blog gratisan yang sudah populer yaitu https://www.blogger.com/ nah dari situ dimulainya, banyak tutorialnya di Google tinggal cari saja, hasil sementara alamat webnya berakhiran .blogspot.com.

Jika dari website tersebut blog sudah jadi, baru membeli alamat website (domain) banyak menyediakan domain di Indonesia, seperti website pasar hosting, masterweb, jakartawebhosting, rumah hosting, idwebhost dan sebagainya tinggal chating dengan customernya untuk membuat web di blogger dengan hanya membeli domainnya saja, kemudian suruh customernya  untuk membantu mengarahkan domain ke blogpribadi yang telah jadi.

Untuk desain atau template bisa di ubah di websie penyedianya tinggal download banyak para pengembang Indonesia yang suka rela berbuat baik menggratiskan template hasil karyanya.

Apakah bisa juga membuat toko online?

Bisa, hanya Rp. 100.000 bisa membuat toko online sederhana, caranya tinggal cari template atau desain toko online yang mendukung web penyedia blog tersebut. Cari saja di google dengan keyword " template toko online blogspot / blogger "

Gampang alias mudah kan? tidak perlu mahal mengeluarkan uang bejuta-juta kalau untuk membuat website pribadi ataupun toko online sederhana.

Semoga, ada pencerhan, untuk tutorialnya cari saja di Google banyak kok para senior sudah membahasnya, yang paling susah dari dunia website hanya 1 yaitu modifikasi desain.