Bagaimana Cara Membuat Blog Pribadi Gratis dan Bisnis

Bagaimana Cara Membuat Blog Pribadi Gratis dan Bisnis

Satu pertanyaan dari sahabat apipah tentang bagaimana membuat blog pribadi dan bisnis ini menjadi ide tulisan singkat untuk memberikan informasi pada halaman diary online apipah ini.
Sebenarnya sangat gambang untuk membuat blog pribadi, ada banyak penyedia layanan online untuk memberikan fasilitaas blog gratis. Dua contoh penyedia layanan tersebut adalah blogger dan wordpress atau WP.
Alamat atau link dari kedua penyedia layanan tersebut, blogger biasanya beralamat http:// .........blogspot.com yang titik titik itu nama blognya sedangkan untuk wp biasanya http:/.......werdpress.com
 nah itu contoh alamat yang gratis.

Namun bisa juga diganti seperti www.diaryapipah.com kita hanya cukup membeli nama atau biasa disebut dengan domain. Penyedia domain tersebut ada banyak di indonesia seperti masterweb, rumahweb, hostinger dan lain sebagainya.

Pembeliannya secara online, kalau domain dot com harganya kiasaran 100 ribuan tergantung promo dan aturan dari masing-masing penyedia paling murah adaa juga yang hanya 70 ribuan saja.

Oia, domain ini bukan dibeli tapi disewa tahunan, bisa satu tahun dua tahun atau lebih. Biar gampang bikin dulu blog gratisan sarannya sih pakai blogger blogspot saja biar gampang. Kemudian beli atau sewa nama domain kemudian suruh cs penyedia domain untuk setting diblog kita. Beres deh..

Untuk tampilan atau desain blog blogger telah  disediakan, tapi ya tampilannya nggak begitu keren, jadi perlu pihak ketiga banyak kok cari saja di mba googlle ada yang gratis ada juga yang berbayar. Nama desain untuk blogspot biasa di sebut dengan template blogspot atau blogspot themes.

Na bagaimana kalau untuk bisnis ? kalau untuk bisnis biar lebih bagus pakai yang berbayar maksudnya beli hosting dan domain sendiri. Hosting itu adalah ruang penyimpanan data kita. Berbeda dengan yang sebelumnya, bikin blog tadi penyimpanan data atau hostingnya milik blogspot dan domainnya kita yang beli atau nggak beli juga nggak apa-apa tapi alamat blognya ada nama blogspotnya.

Nah,, bisnisnya itu seperti apa, apa berbentuk toko online atau blog biasa ? kalau blog biasa pakai blogspot dan domain berbayar sudah cukup keren dan modalnya juga lebih murah.

Sedangkan untuk yang lebih keren, punya alamat email dengan domain blog sendiri misal apipah@diaryapipah.com maka perlu hosting dan domain. Jadi beli alias sewa lagi tuh pertahun, paling murah domain dan hosting pertahunnya sekitar 400 ribu itu juga data penyimpanannya sedikit paling 500mb - 1 GB untuk gambar/foto dan file lainnya.

Jika sudah beli hosting dan domain, nah kita tinggal tentuin pakai software apa atau mesin apa seperti cms wordpress, joomla,  drupal,  prestashop dan mesin website lainnya umumnya untuk toko online pakai prestashop dan Wordpress juga bisa.

Prestashop biasanya khusus untuk toko online, namun untuk Wordpress cms bisa dijadikan blog bisa juga toko online. Tergantung pada themes atau tampilan, beli juga dari pihak ketiga atau dari Wordpress dan prestashop nya langsung tapi kayaknya pembayaran nggak bisa transfer pakai atm.

Untuk mencoba membuat blog pribadi gratis tanpa domain dan hosting dari smartphone bisa memakai aplikasi Blogger seperti yang ada pada tampilan dibawah ini gratis bisa di unduh melalui smartphone android. Tampilan aplikasi wordpress gratis di android.



Tampilan aplikasi blogger android gratis

Nah seperti itulah kira-kira dari kedua aplikasi diatas bisa membuat blog pribadi secara gratis petunjuk selengkapnya akan ada di aplikasi tersebut, tinggal sigup/register saja.


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Grosir Tas Murah