Selamat sore sobat Apipah, kali ini berbagi tips lagi nih tentang bisnis. Tentu saja ada keterkaitannya dengan bisnis online di Internet. Ada beberapa tips mempromosikan bisnis dari beberapa penelitian atau hal-hal yang pernah Apipah temui di Internet.

Berikut ini adalah tips-tipsnya, semoga dapat dimengerti dengan tulisan sederhana Apipah ini.

  • Membuat Website Bisnis


Jika sudah punya harap abaikan, jika sekarang sobat memliki produk, bisnis, atau usaha yang sedang berjalan dan berpikiran ingin menarik konsumen atau pembeli dari berbagai daerah di Indonesia maka dengan membuat website bisnis bisa menjadi solusi utama untuk mempromosikan bisnis anda itu.

Bagaimana cara membuatnya ? gampang lihat Cara Membuat Website Bisnis

  • Bikin Akun Medsos


Setelah Sobat punya website bisnis, jangan lupa promosikan pula di berbagai medsos, tapi jangan banyak-banyak juga nanti cape apalagi operatornya cuma sendiri. Pilih saja medsos yang sedang populer saat ini seperti fb dan instagram.

  • Bikin Deskripsi Produk Unik


Nah ini juga penting, ada beberapa website bisnis terutama toko online yang menjual barang-barang dalam deskripsinya itu kurang lengkap atau bahkan asal-asalan seperti blog Apipah ini.

Jadi usahakan deskripsi setiap produknya dbikin detail dan jujur, jika ada yang sama dari website bisnis lain. Usahakan di edit ulang deh agar nantinya bagus di hasil pencarian internet. Kalau kopas nantinya bisa nggak ada di hasil pencarian.

  • Setiap Foto Produk Pakai Watermark


Ini juga sangat penting, otomatis tuh setiap produk yang sobat dipasarkan di internetnya ada foto-foto produknya. Nah usahakan pakai watermark.

Apa sih watermark itu ? penanaman informasi dari website sobat bisa tersembunyi bisa juga tidak. Jika terlihat misalnya foto produk di edit manual pakai photoshop atau ada yang otomatis jika pakai plugin di  wesbite wp. Nah dalam foto itu ada keterangan misalnya alamat website.

Jadi jika ada yang copas gambar, nanti terbaca deh watermarknya, yang copas juga terkadang blogger seperti Apipah ini jadi sangat rekomen banget foto produk pakai watermark nantinya dipromosikan oleh orang lain dalam foto produk secara tanpa sadar dan itu gratis. Kalau watermark yang tersembunyi, bisa juga pakai photoshop, cari saja ya tutornya nanti kepanjangan atau di tulisan lain Apipah bahas.

  • Promosi di Medsos Jangan Monoton


Jangan terlalu sering mempromosikan di akun medsos bisnis anda, sesekali buatlah hiburan, seperti cerita, kuis dan lain sebagainya. Agar mendapat like dan follower banyak.

Oia di medsos sendiri jangan jadi sampah, banyak Apipah temui di grup-grup fb, mungkin ada 5 menit sekali memposting produknya, pikir Apipah ini orang suka banget posting kaya robot, maka timbul deh pertanyaan apa produknya nggak laku-laku ? Apipah pikir kesannya gimana gitu.

Jadi bangunlah citra yang baik, Jaim (ja-im) artinya jaga-image bisnis anda, Jadi bagaimana cara agar terlihat bagus di grup FB ?

Caranya gampang, tanggapilah anggota-anggota grup yang mengirimkan pertanyaan atau komentarilah dengan gaya yang keren, jangan inimah anggota baru post sudah dibalas dengan promosi.

Nantinya, jika sering aktip di grup FB makin banyak tuh yang penasaran. Siapa sih orang ini kok keren banget tanggapannya, nanti dibuka tuh akun medsos anda dan "taraaaaaa" kellihatan oh ternyata pebisnis online yang jualan .... misalnya kerudung, baju, jaket dan lain sebagainya.

  • Cari Website Bagus dengan Trafik Tinggi


Carilah website atau blog keren yang mengulas produk bisnis yang sejenis atau yang trafiknya besar. Nah hal ini, untuk mempromosikan lebih jauh untuk bisnis atau usaha sobat. Kenapa kok pakai website orang lain, saya kan sudah punya website ? jawabannya sederhana agar lebih terkenal dan terpercaya.

Teorinya seperti ini, jika ingin tau karakter orang yang dimaksud maka tanyakanlah pada temannya. Kata-kata tersebut sering kita dengar dalam ceramah-ceramah yang membahas tentang akhlak. Maka terapkan dalam bisnis anda, cobalah website yang trafiknya bagus tersebut mereview atau mengulas website dan produk anda. Tentu tidak gratis sob, tergantung yang punya websitenya. Kalau di review blog Apipah bagaimana ? saat ini belum tersedia, mungkin bulan depan atau tahun depan he,.. yang sudah-sudah di Apipah harganya murah nggak nyampe jutaan, cuma 1 miliar he, he, just kidding

Yang terakhir harus punya nyali, jika ingin lebih terkenal itu gampang asal punya uang banyak. Untuk membangun Brand yang banyak dikenal minimal 10 juta untuk promosi di mesin pencari dan medsos. Enaknya kalau sudah punya merek sendiri dan terkenal pembeli akan datang sendiri dan menjadi langganan. Makanya kalau ada teman Apipah meminta saran untuk membuat website bisnis alamat website linknya pakai merek sendiri.

Kalau belumnya merek, bikin dulu saja deh biar lebih semangat dan toko offlinenya juga jangan lupa. Jangan sampai ketika calon pembeli bertanya "dimana toko offlinenya? " jadinya bingungkan. Jadi dalam wesbite bisnis sobat minimal sediakanlah galeri foto produk-produk sobat agar bisa dilihat calon pembeli  jangan lupa pakai watermark.

Kali ini nggak pakai kesimpulan karena intinya sedikit tulisannya banyak, nanti nggak dibaca dari awal sampai akhir. Semoga bermanfaat  dan semoga sukes untuk bisnis online-nya.