Pengertian Agama Menurut Sutan Takdir Alisyahbana

(51 Views) | Apipah

Menurut Sutan Takdir Alisyahbana, agama adalah suatu sistem kelakuan dan perhubungan manusia yang berpokok pada perhubungan manusia dengan rahasia kekuasaan dan kegaiban yang tiada berhingga luas, dalam dan mesranya disekitarnya, dan ddengan demikian memberi arti kepada hidupnya dan kepada alan semesta i arti kepada hidupnya dan kepada alan semesta yang mengelilinginya.

Falsafat agama mengandung arti berfikir tentang dasar-dasar agama menurut logika dan bebas. Pemikiran yang dimaksud bisa mengambil dua bentuk:
Membahas dasar-dasar agama secara analitis dan kritis tanpa terikat pada ajaran-ajaran agama dan tanpa ada tujuan untuk menyatakan kebenaran suatu agama.

Membahas dasar-dasar agama secara aanalitis dan kritis, dengan maksud untuk menyatakan kebenaran ajaran-ajaran agama atau sekurang-kurangnya untuk menjelaskan bahwa apa yang diajarkan agama tidaklah mustahil dan tidak bertentangan dengan logika. Dalam pembahasan serupa ini orang masih terikat pada ajaran-ajaran agama.

Dasar-dasar agama yang akan dibahas meliputi wahyu, pengiriman rosul dan nabi, ketuhanan, roh manusia, keabadian hidup, hubungan manusia dengan Tuhan (merdeka atau terikat pada kehendak Tuhan), soal kejahatan, soal hidup kedua sesudah hidup didunia dan sebagainya. Seperti itulah Pengertian Agama Menurut Sutan Takdir Alisyahbana yang merupakan sistem kehidupan manusia.

Dipublikasikan dan ditulis oleh Apipah
Tentang Apipah

Hanya seoarang pengembara dunia hati yang sedang mencari bagian-bagian kemewahan dunia.

Categorised in: