Maksud dan Arti Kode Jam Tangan 5 Bar / 5 ATM – 20 ATM WR

(148 Views) | Apipah

Adakalanya seseorang yang membeli jam tangan tidak begitu memperhatikan kode-kode unik yang tertera pada jam tangannya, biasanya kode jam tangan seperti 5 Bar, 5ATM, Meter (m) dan sebagainya tertera pada produk jam tangan asli atau original.

Tulisan kode-kode tersebut bisa dilihat pada bagian tutup belakang jam, ataupun pada bagian depan seperti pada jam-jam tangan seiko pada umumnya.

Namun tidak menutup kemungkinan pada jam tangan replika maupun kw 1, Kw Super, Sampai Grade AAA ada juga kode jam tersebut. Ada juga jam yang original yang hanya ada tulisan Water Resistant saja, maka harus hati-hati jika bermain dengan air.

Untuk itu pada tulisan terbaru Apipah ini memberikan informasi yang pastinya akan bermanfaat untuk anda yang ingin membeli jam tangan, kalau kolektor jam tangan pastinya sudah tahu tentang masalah ini.

Sebenarnya apasih kode tersebut ?

Kode Bar/M/ATM pada jam tangan biasanya ada lanjutan tulisan Water Resistant (WR) yang artinya tahan air. Perhitungannya sederhana seperti pada toko-toko jam tangan online yaitu 1 ATM = 1 BAR = 10m
Jam Tangan Tahan Air

Jam tangan Seiko Sportura Kinetic Diver SKA561P1 kaca Sapphire mesin kinetic dengan Water Resistant 200m,

Untuk itu para penjual jam tangan profesional selalu mencantumkan pengertian, kegunaan, atau hal lainnya di websitenya. Berikut ini adalah klasifikasi ukuran Water Resistant untuk kebanyakan jam tangan yang beredar.

Jam Tangan 3 Bar / 3 ATM atau 30m

Dengan ukuran  kecil ini, jam tangan hanya mampu atau kuat terhadap rincikan hujan, percikan air, berwudhu. Maka tidak disarankan untuk dipakai berenang apalagi menyelam kedasar lautan.

Jam Tangan 5 Bar / 5 ATM / 50 m

Untuk kode jam yang satu ini sedikit lebih kuat dari 3 Bar atau 3 ATM, jam tangan dengan kode tersebut, bisa dipakai untuk berenang di kolom yang dangkal namun masih tidak cocok untuk dipakai menyelam dan terkena tekanan lebih tinggi.

Jam Tangan 10 Bar / 10 ATM / 100m

Jam tangan dengan kode tersebut dapat dipakai berenang, namun kurang begitu disarankan jika dipakai untuk bermain jet ski.

Jam Tangan  20 Bar / 20 ATM / 200m

Jam tangan yang satu ini cukup tangguh untuk dipakai segala aktivitas, seperti menyelam. Namun jika ingin yang lebih tahan air untuk menyelam maka belilah jam tangan yang dikhususkan untuk kegiatan menyelam. Karena fitur atau ketahananyapun dibedakan antara 20 Bar jam biasa dan 20 Bar khusus jam tangan menyelam.

Atau tangan yang memiliki ketahanan lebih 20 ATM tentu akan sangat tangguh untuk digunakan kegiatan perairan ataupun kelautan. Namun harganyapun tentunya jauh lebih mahal dari pada jam tangan standar.

Dipublikasikan dan ditulis oleh Apipah
Tentang Apipah

Hanya seoarang pengembara dunia hati yang sedang mencari bagian-bagian kemewahan dunia.

Categorised in: