Pengertian Jual Beli Valuta Asing dan Saham

(51 Views) | Apipah

Apa yang dimaksud dengan valuta asing ? Valuta Asing adalah mata uang luar negeri, seperti dolar Amerika, poundsterling Inggris, ringgit Malaysia dan mata uang negara lainnya.

Jika antara negara terjadi perdagangan internasional, maka tiap negara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri, yang dalam dunia perdagangan disebut devisa.

Contohnya exportir Indonesia akan akan memperoleh devisa dari hasil ekspornya, sebaliknya importir Indonesia memerlukan devisa untuk mengimport dari luar negeri.

Dengan demikian, akan timbul penawaran dan permintaan devisi di bursa valuta asing. Setiap negara berwenang penuh menetapkan kurs uangnya masing-masing. Kurs adalah perbandingan antara nilai uangnya terhadap uang asing. Contohnya 1 dolar Amerika = Rp 14.000, 00.

Jual Beli Saham

Namun kurs uang atau perbandingan nilai tukar setiap saat bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan ekonominya masing-masing. Pencatatan kurs uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan di Bursa Valuta Asing.

Sedangkan Saham adalah termasuk efek atau surat berharga yang dapat diperdagangkan seperti sertifikat dan obligasi, ialah surat berharga sebagai tanda pemegangnya turut memiliki perusahaan yang mengeluarkan saham itu.

Kursa saham itu juga seperti kursa valuta yang bisa berubah-ubah menurut hukum permintaan dan penawaran.

Dipublikasikan dan ditulis oleh Apipah
Tentang Apipah

Hanya seoarang pengembara dunia hati yang sedang mencari bagian-bagian kemewahan dunia.

Categorised in: