Penyebab Bencana Longsor Yang Mengerikan

(12 Views) | Apipah

Longsor merupakan salahsatu bencana alam yang sangat mengerikan, dapat menimbulkan korban sanak keluarga. Badan tertimbun tanah, rumah rusak terkubur, lahan pertanian, perumahan menjadi rusak akibatt longsor.

Dari segi istilah longor adalah peristiwa meluncurnya tanah dari atas ke bawah. Biasanya longsor terjadi ketika musim hujan pada lahal gundul. Ketika longsor terjadi hanya tanah yang terbawa ke bawah namun bebatuan besar ataupun kecil ikut terbawa.
Penyebab utama longsor adalah penebangan liar yang menyebabkan lahan gundul. Lagan gundul ini tidak memiliki pohon-pohon yang dapat menanahan aliran air dengan akar ketika hujan daang.

Tanah pada lahan gundul tersebut tidak ada yang mengikat sehingga sangat mudah terkikis ketika hujan besar atau hujan kecil turun dari langit.

Foto Bencana Longsor

Penyebab longsor yang lainnya adalah gempa bumi yang cukup besar. Gempa bumi ini dapat menyebabkan tekanan pada lereng-lereng yang lemah akibatnya longsor akan terjadi.

Begitu juga dengan berat yang berlebihan, contohnya mendirikan bangunan rumah, pabrik ataupun kantor pada tanah yang lemah. Lama kelamaan akan menyebabkan longsor.

Dampak longsor untuk para petani khususnya adalah rusaknya lahan pertanian akibat tertutup tanah yang terbawa longsor, sehingga tananam di ladangnya tidak terselamatkan.

Cara mencegah terjadi longsor tidak lain dengan penanaman pohon untuk lahan gundul atau istilah lainnya adalah reboisasi.

Dipublikasikan dan ditulis oleh Apipah
Tentang Apipah

Hanya seoarang pengembara dunia hati yang sedang mencari bagian-bagian kemewahan dunia.

Categorised in: