Trik Cerdas Melunasi Utang Agar Cepat Lunas

(68 Views) | Apipah

Suatu hal yang berbahaya orang yang memiliki hutang adalah tidak peduli dengan apapun yang ada disekelilingnya, begitu juga dengan dirinya sendiri. Akibat utang yang menumpuk dan membuat pikiran menjadi kacau tentu hal tersebut sangat tidak di inginkan oleh kita.

Yang harus benar-benar diawasdapai adalah ketika pengeluaran bulanan anda melebihi pendapatan. Hal tersebut harus bergegas untuk memajukan usaha anda. Bekerja sebaik mungkin dan fokus pada kerjaan untuk meningkatkan kualitas dan pendapatan. Jangan sampai usaha bisnis bangkrut dan kemudian pinjam uang lagi sudah tentu utang akan makin menumpuk dan menjadi beban berat.

Harus diwaspadai juga, ketika hutang menumpuk akan berakibat fatal juga pada pekerjaan anda karena kurang fokus. Bisa jadi kehilangan perkerjaan anda, uang tabungan dan simpanan sudah habis. Lantas bagaimana lagi ?

Rahasia Melunasi Hutang

Nah berikut ini adalah trik cerdas melunasi utang agar cepat lunas dimulai dari dini saat memiliki utang. Agar pada kegiatan sehari-hari untuk menghasilkan uang fokus, dapat membayar utang dan begitu juga memiliki laba.

1. Utang Yang Bunganya Tinggi Dahulukan

Meminjam uang atau melakukan kredit barang sekarang ini serba pakai bunga terutama pada instansi tertentu. Apalagi dengan tempo yang lama. Jika dihitung-hitung bunga apalagi dengan dendannya bisa jadi bunga plus dendannya lebih besar dari pada uang yang anda pinjam atau barang yang anda beli secara kredit.

Membuat daftar utang-utang anda adalah salahsatu keseriusan untuk cepat melunasinya. Menyortir utang mana saja yang kira-kira dapat membahayakan kesejahtraaan anda dan utang mana yang dinilai masih bisa dikompromikan.

Dengan melunasi utang yang bunganya tinggi bisa menjadi memperkecil beban anda. Karena utang dengan bunga yang besar akan terus tumbuh dan menumpuk apabila tidak diprioritaskan.

Jika ada utang dengan bunga kecil dan dapat dilunasi hari ini juga, maka itu pun bisa dilakukan agar jika melihat utang yang bunganya lebih besar bisa menjadi lebih ringan.

2. Jangan Membayar Utang dengan Kartu Kredit

Hal semacam ini sudah pasti semua orang tahu, membayar utang dengan kartu kredit sama saja seperti menggaling lobang tutup lobang. Rantai perutangan anda tidak akan terhenti, terlebih lagi memiliki kartu kredit dipakai untuk belanja seakan-akan kita tidak punya utang, dipakainya nyaman, cepat dan mudah.

Namun untuk anda yang memiliki utang agat cepat lunas, nampaknya kegiatan seperti menggunakan kartu kredit harus disesuaikan dengan baik.

3. Melobi Kreditur Untuk Penagihan

Cara semacam ini bagi orang-orang yang sudah berpengalaman berutang atau perkreditan motor, mobil atau sebagainya merupakan cara yang biasa. Anda juga bisa melakukan cara seperti ini untuk melobi kreditur agar jadwal penagihannya dimuat ulang agar anda bisa bernafas dan tunggakan ringan.

Serta membuat perjanjian agar utang anda dijadikan cicilan tetap, tidak lagi diperhitungkan sebagai bunga berjalan.

4. Menambah Pekerjaan Sampingan

Jangan terpaku pada pekerjaan lain yang sudah ada, jika pekerjaan anda dari mulai jam 8 sampai selesai jam 1 atau jam 2. Maka masih ada waktu yang tersisa sampai sore atau malam sebelum istirhat.

Menggunakan waktu yang kosong untuk berjualan atau bisnis lain bisa menjadi tekad api anda untuk melunasi hutang. Apalagi pada hari minggu, banyak pasar tumpah. Mungkin dipasar tumpah bisa menjadi penghasilan tambahan anda. Sesekali turun lapangan menjadi orang berkaki lima, bukalapak diemperan khsusus hari minggu bisa menjadi liburan yang tidak akan terlupan.

5. Utang Lunas Mulai Berinvestasi

Mungkin prosesnya tidak dalam jangka hitungan menit, namun jika berusaha terus, jalan pasti akan terbuka lebar. Jika sudah lunas, mulailah dengan berinvestasi jangan panjang ataupun menengah. Contohnya bisa dengan berternak kambing dengan membeli anaknya sepasang. Perawatannya dan makannya tidak memerlukan uang banyak, tapi mungkin tenaga dipakai untuk mencari rumput.

Ataupun bisnis ikan, anda bisa membeli bibit ikan ke pusat pasar ikan misalnya ikan gurame, nila, lele, atau sejenis yang prospeknya bagus dipasaran. Yang terpenting investasi yang menghasilkan uang dan selalu bertambah.

Dipublikasikan dan ditulis oleh Apipah
Tentang Apipah

Hanya seoarang pengembara dunia hati yang sedang mencari bagian-bagian kemewahan dunia.

Categorised in: