Mengobati Penyakit Mata

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Mata dan Penyebabnya

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Mata dan Penyebabnya
3.8 (76.67%) 6 votes

Gangguan Penglihatan – Mata adalah salah satu indra manusia, berfungsi sebagai alat penglihatan yang sangat berharga untuk manusia maupun hewan lainnya di dunia ini. Kenikmatan penglihatan kita ini merupakan nikmat besar dari sang maha pencipta.

Nikmat ini sering kita lupakan ketika mata kita masih bisa melihat dengan sehat, maka dari itu kita harus bersykur dengan nikmat tersebut dengan cara menjaga dan memilihara mata kita dari berbagai macam bahaya. Baik itu bahaya secara lahiriyah maupun batiniyah.

Berikut ini adalah jensis-jenis dan ciri penyakit gangguan mata beserta penyebabnya :

Buta Mata Mata Tua
Astigmatisma Rabun Senja
Pinguecula Rabun Dekat
Pterygium Rabun Jauh
Buta Warna Penyakit Katarak

Penyakit Katarak

Jenis penyakit gangguan mata yang disebut katarak ini adalah keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat penambahan cairan lensa dan perubahaan protein lensa menjadi tidak aktif.

Penyakit. katarak umumnya terjadi pada usia lanjut usia, namun dapat juga akibat kelainan bawaanl atau cacat lahir.

Penyakit Rabun Jauh

Rambut jauh atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Miopia adalah penyakit mata yang mengakibatkan mata seseorang tidak mampu melihat benda dalam jarak jauh secara normal.

Penderita gangguan rabun jauh bisa diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa cekung. Kacamata dengan lensa cekung tersebut akan menempatkan kembali bayangan yang tadinya jatuh didepan retina akan kembali tepat dititk retina, sehingga mata dapat melihat benda yang jauh secara normal kembali.
Cara Mengobati Gangguan Penglihatan
Penyakit mata Miopia ini dapat terjadi karena turunan jika orangtua menderita miopia, kurannya vitamin A, dan menonton TV dengan jarak terlalu dekat.

Penyakit Rabun Dekat

Rabun dekat atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Hiperopia adalah gangguan pada penglihatan mata yang disebabkan karena lensa mata terlalu pipih.

Akibatnya bayangan benda yang dilihat terbentuk di belakang retina, dan penghilatan mata menjadi tidak bisa melihat benda-benda dekat. Jenis penyakit mata ini bisa biasanya memakai kacamata berlensa cembung.

Penyakit Rabun Senja

Gangguan penglihatan mata rabun senja dalam bahasa medisnya disebut dengan Hemeralopi. Penyakit rabun senja ini adalah gangguan penglihatan ketika senja atau malam hari dalam cahaya redup.

Penyebab rabun senja ini terjadi karena adanya kerusakan pada sel retina yang harusnya bisa bekerja ketika melihat benda dalam keadaan redup kurang cahaya. Akibatnya ketika mengemudi dimalam hari akan kesulitan.

Penyebab terjadinya penyakit Hemeralopi ini karena bawaan lahir, kekurangan vitamin A, katarak, rabun jauh, mata minus dan masih banyak lagi.

Penyakit Mata Tua

Penyakit Mata Tua dalam bahasa medisnya disebut dengan Presbiopi, adalah gangguan penghilatan mata yang umum terjadi karena faktor usia. Ciri dari penyakit mata ini adalah tidak mampu fokus melihat dari jarak dekat dan ketika melihat benda jauh dari jarak normal tidak jelas.

Penyakit Buta Warna

Gangguan penglihatan buta warna pada mata ini terjadi karena terdapat masalah dengan sensor warna dalam sel-sel saraf dari mata.

Penyakit buta warna ini tandanya kekurangan dalam melihat warna dan kesulitan dalam membedakan serta menentukan warna.

Seperti jenis buta warna Protanomali yaitu lemahnya melihat warna merah, Deuteranomali lemah untuk melihat warna hijau dan lemah melihat warna biru disebut dengan Tritanomali.

Penyakit Pterygium

Pterygium adalah  penyakit mata yang ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan selaput tipis di konjungtiva yang menutupi bagian putih dari mata dan meluas ke kornea. ejala pterygium diantaranya mata akan terasa mengganjal, sedikit gatal dan berair. Konjungtiva adalah lapisan tipis yang ada di mata yang berguna melindungi area putih dari mata yang disebut sklera.

Jika suatu pertumbuhan selaput tipis  itu sudah meluas ke kornea, maka penglihatan penderita pterygium akan menjadi kabur dan silau

Penyakit mata Pterygium ini sering terjadi pada orang yang sering terpapar sinar UV, angin berdebu dan orang-orang yang bekerja diluar rumah.

Penyakit Pinguecula

Pinguecula adalah pertumbuhan lapisan tipis non-kanker di konjungtiva dan tidak berbahaya. Pinguecula terlihat seperti benjolan kecil di ujung bola mata dekat dengan kornea dan berwarna kekuningan.

Agar terhindar dari penyakit pinguecula yaitu dengan menjaga mata tetap basah, menghindari paparan langsung ultraviolet memakai kacamata hitam dan hindari iritasi mata.

Penyakit Astigmatisma

Gangguan penglihatan penyait Astigmatisma  adalah kondisi penglihatan mata menjadi kabur karena bentuk kornea yang tidak teratur,  cekungan lensa mata  berbeda antara tengah dan pinggir. Ciri-ciri penyakit ini ketika melihat benda seakan menjadi dua atau bahkan penglihatan kabur. Penderita penyakit mata astigmatisma biasanya memakai kacamata berlensa silindris.

Penyakit Kebutaan Mata

Kebutaan mata adalah hilangnya penglihatan yang tidak dapat diobati dengan kacamata atau lensa. Kebutaan pada mata terbagi menjadi dua yaitu parsial dan lengkap.

Kebutaan parsial berarti memiliki pandangan sangat terbatas sedangkan kebutaan lengkap adalah tidak dapat melihat apapun termasuk cahaya.

Beerapa penyebab mata buta diantaranya ; kecelakaan luka pada mata, diabetes, galukoma, degenerasi makula (penurun penglihatan).

Jika terjadi dari beberapa jenis dan ciri penyakit mata dari deretan diatas, segera periksalah ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan khusus. Bisa memakai kacamata lensa khusus, pengobatan ataupun operasi. Dan jangan lupa untuk selalu berpola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi terutama vitamin A yang baik untuk mata sesuai dengan anjuran dokter.

Diterbitkan oleh

Apipah

Hanya seoarang pengembara dunia hati yang sedang mencari bagian-bagian kemewahan dunia.