Perlunya Membuat Website Profil Perusahaan Bisnis

Design Theme Website Company Profile
Perlunya Membuat Website Profil Perusahaan Bisnis
4.9 (98.46%) 13 votes

Dipandang perlu untuk membuat sebuah website profil perusahaan (company profle), agar banyak dikenal publik masyarakat luas. Ada banyak tutorial  cara membuat website profil yang bisa dipelajari sendiri tanpa menggunakan jasa. Jika membuat sendiri tentu saja harganya akan lebih murah.

Pada kesempatan pekan ini Apipah mencoba memberikan gambar apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah website profil perusahaan. Diharapkan para pembaca atau yang sedang berencana membuat website profil mendapat gambaran.

Apa Saja Isi Website Profil Perusahaan ?

Sebelum kamu membuat website profil perusahaan ada banyak menyiapkan hal-hal sebagai berikut yang nantinya akan menjadi konten isi website.

  1. Logo Perusahaan
  2. Sejarah perusahaan
  3. Visi dan misi
  4. Slogan atau tagline perusahaan
  5. Identitas perusahaan
  6. Struktur kepegawaian
  7. Deskripsi produk atau jasa
  8. Kontak customer service
  9. Prestasi perusahaan
  10. Pengalaman / tampilan klien
  11. Alamat cabang
  12. Galeri foto

Selain dipajang di website company profile, dari beberapa poin-poin diatas ada baiknya dibuat semacam ebook atau file pdf  brosur yang nantinya bisa di download oleh para pembaca.

Menentukan Alamat Domain Prifile Company

Alamat website biasa disebut dengan nama domain, nama domain ini yang paling trend yang berakhir dot com atau do co.id atau bahkan dot id. Kebiasaan para profesional menggunakan domain berakhir dot co.id karena dikhususkan untuk perusahaan yang sudah memiliki perlengakapan dokumen perusahaan lengkap seperti CV, PT, SIUP, hak merk dagang dan lain sebagainya.

Harga domain beragam tergantung pada penyedianya, khusus domain indonesia dot co.id bayar tiap tahunnya dikisaran 150 ribu bisa saja gratis jika membeli dengan paket hosting tertentu.

Menyiapkan Hosting Tempat Penyimpanan Data

Setelah menemukan nama domain yang cocok untuk website profil perusahaan, selanjutanya memilih kapasitas hosting. Hosting ini berfungi untuk menyimpan data atau file-file gambar atau dokumen dan semua konten website.

Jika hanya untuk website profile saja bisa mencoba terlebih dahulu dengan hosting 500Mb biaya pertahunnya ada dikisaran 300 ribuan. Jika dikira tidak cukup bisa ditambah lagi hingga 1GB. Namun Apipah pikir jika hanya sekedar website profile 500Mb saja sudah cukup.

Memilih Desain Website Company Profile

Sesudahnya order domain dan hosting, selanjutnya kamu akan diberi akses ke control panel (Cpanel) hosting oleh pihak penyedia. Dan instal aplikasi atau software biasanya disebut CMS untuk membuat websitenya. Instal CMS wordpress melalui Cpanel tersebut. Kamu bisa mencari tutorial cara instal cms WordPress di Cpanel secara otomatis agar lebih mudah.

Untuk meminimalisir biaya agar lebih murah, kita bisa memakai desain atau biasa disebut theme atau template website. Berikut ini adalah contoh website company profil gratis yang disediakan langsung di cms wordpress dan bisa langsung di instal, pada halaman theme/tampilan cari “company” maka kan muncul pilihan themes.

Design Theme Website Company Profile

Selanjutnya kamu tinggal mengedit dengan data-data profile perusahaan, sesuai dengan tutorial (jika ada) yang diberikan oleh pembuat theme gratisnya.

Sampai disini secara garis besar sudah selesai dengan biaya yang murah, hanya 500 ribuan kamu bisa membuat website profil perusahaan. Namun tentu saja akan ada banyak kendala untuk orang-orang awam yang belum terbiasa dengan mengedit theme dan mengisi konten website. Maka diperlukan tutorial-tutorialnya, bisa mencari melalui berbagai artikel tutorial atau video.

Manfaat Memiliki Website Company Profil

Ada banyak manfaat jika perusahaan bisnis kamu memiliki website sendiri diantaranya adalah lebih mudah dipromosikan, mudah dikenal masyarkat online, pajang alamat web compay pada label kemasan produk dan lain sebagainya.

Kesimpulannya jika kamu ingin membuat website company profile dengan biaya yang murah dan memiliki akses penuh tanpa menggunakan jasa pihak ketiga. Hal yang paling pentingnya adalah memilih nama domain, hosting dan mengedit design theme gratisan.

Mengedit tampilannya ini yang sangat sulit untuk orang awam, agar lebih mudah kamu bisa membeli theme berbayar (premium) biasanya disediakan tutorial lengkapnya. Sedangkan untuk pemesanan domain dan hosting sangat mudah, kita tinggalan berkomunitas dengan customer servicenya tinggal suruh instal CMS yang telah Apipah sebutkan tadi.