Sekedar Tips Jika Belanja Online Paket Tidak Kunjung Datang

Sekedar Tips Jika Belanja Online Paket Tidak Kunjung Datang
5 (100%) 11 votes

Pada hal permasalahan ini Apipah tidak menyebutkan nama jasa kurir, baik itu masalah di kurir JNE, J&T, Tiki, POS atau jenis kurir lainnya. Namun disini penulis hanya sekedar tips untuk kamu yang barang belanjaan online belum sampai ke rumah.

Berikut ini adalah hal-hal yang diperhatikan, terutama untuk yang pertama kali belanja online :

Pake Tidak Kunjung Datang

Pastikan Pembayaran di Verifikasi

Selesai memilih barang yang akan dibeli dan kemudian chekout pesanan lalu kemudian pembayaran. Pastikan pembayaran kamu telah di verifikasi oleh toko onlinenya.

Dengan cara konfirmasi pembayaran melalui form yang telah ditentukan jika manual.

Selalu cek hal tersebut, apakah pembayaran kamu sudah di verifikasi atau belum. Jika statusnya belum di verifikasi tentu saja belanja kamu tidak akan pernah dikirim.

Cek Status Pesanan Dikemas atau Dikirim

Jika pembayaran sudah diverifikasi (Sudah di Bayar) , hal selanjutnya cek status pesanan barang online kamu.

Jika statusnya sudah dikirim berarti belanjaan kamu sudah ada dikurir dan mendapat kode tracking atau resi. Jika statusnya masih dikemas cepat hubungi penjual agar paket cepat dikirim.

Cek Validasi Resi / Kode Tracking

Jika kamu sudah mendapatkan resi atau kode pelacakan, cek validasi resinya. Jangan sampai dikasih resi bodong, biasanya resi bisa langsung di cek 1×24 jam atau beberapa jam setelah penjual mengirimnya ke kurir.

Masing-Masing kurir memiliki websinya sendiri untuk mengecek paket, bisa melalui website resminya atau menggunakan aplikasi.

Cek Paket Sudah Sampai Dimana ?

Melalui aplikasi dan juga website kurir, kita bisa melihat status paket kita dengan memasukan kode resi / kode tracking.

Status pesannya biasanya memiliki bahasa yang jarang kita ketahui karena bisa saja memakai bahasa singkatan dan bahasa Inggris. Seperti POD, Getway, With Delivery … dan lainnya.

Masalah Muncul, Status Kurir Tidak Berubah dan Lama Tidak Datang

Jika dari 1 sampai 4 tidak ada masalah, permasalah lainnya muncul ketika kita cek resi tidak ada perubahan selama 1 atau 2 hari.

Hal tersebut bisa kemungkinan karena kurir tidak menjangkau tempat kamu, dirumah kosong tidak ada penerima, atau karena hujan.

Biasanya jika terjadi kendala seperti itu, paket dititipkan kepada tetangga, atau di kantor desa, atau di simpan di drop konter kurir.

Jika paket sampainya hanya ke tetangga atau ke desa biasanya suka ada yang mengantarkan ke rumah. Tetapi jika disimpan di konter kurir biasa akan lama lagi sampai ke rumah jika kurir tidak menjangkau tempat kamu, dirumah kosong tidak ada penerima, atau karena hujan.

Ada baiknya tanyakan langsung pergi ke konter kurir, pengalaman Apipah ketika bertanya ke konter kurir ternyata benar paket disimpan di konter.

Jadi solusinya jika pada status tracking tidak berubah, coba tanyakan ke konter kurir agar lebih jelas. Karena jika kita tanya melalui telpon ke kantor pusatnya akan menguras pulsa.

Tips Pilih Kurir Agar Paket Cepat Sampai

  • Pastikan kurir menjangkau tempat kamu
  • Jadikan langganan tetap, agar kurir tidak sulit mencari alamat rumah
  • Pilih kurir yang selalu sampai kerumah
  • Jangan pilih kurir yang selalu meninipkan barang kepada oranglain
  • Jangan pilih kurir yang selalu telepon dulu untuk ngambil paket tanpa di antarkan

Tips cepat sampai orderan online tersebut adalah pengalaman Apipah selama belanja online, dengan demikian akan berbeda di setiap daerah. Demikian informasi pekan ini semoga bermanfaat.