Untuk sebagian orang ada yg masih bingung dalam memilih barang – barang kulit hewani. Terkadang penjual tidak menulis deskripsi produk secara lengkap, yg ditulis hanya kata leather saja atau kulit saja. Padahal bisa saja produk yang dijualnyan itu bahan kulit sintetis, pu leather, syntetic leather atau jenis kulit bukan hewani lainnya.

Dengan embel – embel “leather” atau “kulit” belum tentu produk tas, dompet dan sebagainya itu terbuat dari bahan kulit asli hewani. Jadi harus banyak nanya jika masih awam tentang leather.

Berbagai Macam Nama Kulit Asli Hewan

Berikut dibawah ini Apipah berikan sekilas tentang sekilas macam-macam jenis kulit asli dengan finishing yg berbeda-berbeda. Perlu diketahui bahwa kulit asli untuk bahan-bahan fashion ternyata diolah lagi memakai bahan – bahan tertentu supaya menghasilkan karakter yg diinginkan.

Jika kulit tidak diolah lagi maka akan sangat keras, mengkerut, bau dll bisa dicoba dirumah beli kulit sapi atau domba dari pasar kemudian langsung bikin jaket atau tas. Lalu apa yang akan terjadi ??? Entahlah .. he 😁

Kulit Nappa

Kulit Nappa adalah nama jenis kulit asli yang biasanya dibuat dari kulit hewan domba. Karakter kulit ini lembut, lentur, sedikit tahan goresan dan sedikit tahan air. Jenis kulit ini biasa digunakan untuk membuat jaket karena kelembutan dan kelenturannya serta memiliki warna rata. Jenis nappa juga ada yang motif kulit jeruk & motif lainnya yg khusus untuk membuat tas kulit namun bahannya dari kulit sapi.

Kulit Pull Up

Kulit Pull adalah sebutan untuk jenis kulit asli, biasanya dibuat dari kulit hewan sapi. Karakternya unik, jika dilipat atau ditekan permukaan kulitnya akan menimbulkan motif dari dalam kulitnya.

Ciri khusus yg mudah ditebak dari kulit pull up ini adalah mudah tergores, namun semakin lama akan makin mengkilap dan antik. Karakter kulit ini juga cenderung tidak lembut tetapi kuat karena kebanyakan dibuat dari kulit sapi sehingga tebal. Kulit Sapi jenis Pull Up sering digunakan untuk membuat tas dan dompet

Hati-hati ya Pull Up disini bukan sebutan untuk kulit sintetis PU Leather ya .. PU Leather itu bukan hewani, jadi berbeda dgn pull up yg dari kulit sapi.

Kulit Crazy Horse (CH)

Berbeda banget dengan 2 jenis kulit diatas, jenis kulit ini kebanyakan dibuat dari sapi. Karakternya klasik, vintage dan terkesan jadul. Permukaannya halus, mudah menyerap air dan juga mudah tergores tapi mudah juga dihilangkan dengan cara mengusap pakai air.

Kulit Wash

Apipah baru menemukan jenia kulit ini di jaket dan topi. Ciri dari kulit ini cenderung bladus dan warna tidak rata, kesannya dibuat klasik vintage.

Kulit Vegtan / Nabati

Ciri khas dari kulit ini adalah mudah kotor, air gampang meresap kelebihannya bisa berubah warna seiring pemakaian, mulanya warna putih namun lama kelamaan akan menjadi warna gading mengkilap dan antik. Biasanya jenis kulit ini dipakai untuk dompet handmade.

Kulit Suede

Karakter dari kulit suede adalah tanpa hinis, permukaan berbulu, karena bagian atas kulit sudah di cutting, lembut, mudah kotor, warna tidak mengkilap dan tidak kaku.

Kulit Pattern

Jenis kulit seperti ini sangat langka, keunggulannya adalah sangat mengkilap, tahan air, tahan fores, warna jelas, tetapi sangat kaku.

Kulit Corrected

Karakternya hampir sama dengan kukit pattern yaitu mengkilap, permukaan warna rata, anti gores, anti air, warna jelas namun tidak terlalu kaku.

Masih banyak lagi sih jenis – jenis nama finishing kulit asli baik itu dari domba maupun sapi. Walaupun hanya sekilas semoga tulisan jelek dari awal sampai akhir bermanfaat.