Mungkin di antara sobat Apipah ada yang pernah mengalami hal ini, atau mungkin sekarang sedang mengalaminya. Yakni tiba-tiba wifi di laptop tidak berfungsi atau tidak terkoneksi ke jaringan internet dan malah icon sinyal wifinya juga hilang.

Seperti halnya orang yang diperiksa ke dokter maka perlu ada tindakan diagnosa supaya ketemu apa penyebab masalahnya.

Cara Menghidupkan Wifi

Cara menghidupkan wifi diberbagai macam laptop biasanya berbeda, ada yang hanya satu tombol saja ada juga yang pakai 2 tombol. Untuk yang 1 tombol biasanya terpisah dari tombol keyborad cari saja diluar bagian keyboard bisa diatasnya atau dibawahnya. Biasanya terdapat logo wifi/bluetooth.

Untuk yang 2 tombol biasa ada pada keyboard, cara mengaktifkannya tekan tombol FN  (Tombol FN jangan dilepas) kemudian tekan juga tombol icon wireless / bluetooth bisanya ada pada keyboard tombol F2 (Cek Iconnya Biasanya Berbeda Tiap Merk). 

Cek Wifi Yang Tidak Terkoneksi

Jika icon wifi ada dan bisa terknoneksi ke jaringan tetapi tidak bisa berselancar di internet bisa saja yang bermasalah adalah di modem atau penyedia wifinya.

Cek Adapter Wifi Pada Laptop

Lihat adapter Wifi pada laptop, ditakutkan driver wifinya belum terinstal atau sudah terinstal tetapi terhapus. Cara mengeceknya seperti berikut :

Masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center kemudian lihat pada bagian sebelah kiri pilih yang tulisan Change adapter settings nanti akan muncul adapter jaringan yang ada pada laptop.

Wifi Laptop Tidak Berfungsi

Disini hanya terlihat adapter wifi warna abu-abu itu artinya wifi dimatikan. Untuk cara mengaktifkannya yaitu dengan cara klik kanan dan pilih Enable.

Jika sudah di enable tapi masih tidak terkoneksi ke jaringan internet coba klik kanan pada bagian adapter wifi tadi dan pilih diagnose untuk mengetahui lebih lanjut masalahnya.

Biasanya dalam beberapa menit akan muncul tampilan Troubleshooting has completed jika ada masalah biasanya akan muncul tanda x merah / kuning jiga bagus akan berawarna hijau Fixed ceklist.

Jika hasilnya muncul tanda silang merah atau tanda segitiga kuning berarti terjadi masalah. Bisa karena hardware wifi laptopnya rusak atau perlu update driver wifi.

Cek Driver Wifi laptop

Untuk mengeceknya lagi, perlu melihat seluruh driver yang ada pada laptop untuk mencoba diupdate.

Caranya yaitu : Pada kolom pencarian windows yang ada pada bagian bawah kiri logo windows ketikan Computer Management pilih itu maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Kemudian pilih Device Manager dan lihat Network Adapters . Foto diatas adalah contoh yang tidak ada masalah hardware laptop, jika ada masalah biasanya ada tanda segitiga kuning.

Jika ada tanda bermasalah, coba klik kanan pada Wireless Netwrok Adapternya pilih update driver software biasanya ada pilihan online atau melalui browse folder komputer.

Reset Wifi Windows 10

Caranya sangat mudah pada kolom pencarian aplikasi yang ada dekat logo windows ketik tulisan Network Reset nanti akan muncul sendiri kemudian klik reset sekarang dan konfirmasi reset sekarang nanti laptop akan ngerestart sendiri. Tenang saja hanya reset wifi data yang ada di laptop masih aman.

Reset via Command Prompt

Caranya tinggal masuk pada pencarian icon yang dekat logo windows kemudian ketikan Command Prompt dan jalankan kik kanan Run as Admististrator

Selanjutnya memasukan kode-kode berikut satu persatu, tiap baris enter

NETSH INT IP RESET C:RESETLOG.TXT
NETSH WINSOCK RESET
IPCONFIG /FLUGSHDNS

Seperti itulah pengalaman Apipah tentang Cara Menghidupkan Wifi Laptop Icon Sinyal Jaringan Tidak Muncul, intinya sih mengecek driver wifinya saja mungkin perlu di update softwarenya. Jika suara tidak muncul, bluetooth tidak berfungsi cara diatas bisa dipakai untuk mengeceknya. semoga bermanfaat dan wifinya bisa hidup lagi.

Tambahan : jika cara-cara diatas masih tetap tidak bisa kemungkinan besar wifi driver tidak cocok. Kebanyakan masalah ini terjadi dari laptop yang tadinya windows 7 diganti ke Windows 10. Kemungkinan kedua hardware wifi adapater rusak jadi perlu diganti.