Tombak Sigar Jantung Sepuh Benda Lawas Unik

Motif seseorang memiliki senjata tradisonal bukan karena tuah yang ada pada keris dan tombaknya saja,  namun yang paling penting adalah nilai budaya, seni dan juga sejarah.

Karena suatu benda peninggalan jaman dulu pasti memiliki sejarah dengan perjalanan panjang para leluhur. Walaupun kita tidak tahu sejarahnya, namun benda lawas tidak mungkin diciptakan lagi, kecuali jika menunggu 1000 tahun dari sekarang untuk menjadi lawas.

Untuk itu jika punya barang-barang lawas ada baiknya di koleksi dan dirawat saja siapa tau suatu hari nanti ada yang mau ngoleksi dgn harga mahal.

Tosan Aji Tombak Sigar Jantung

Kali ini ada Tombak dengan nama Sigar Jantung, merupakan pusaka atau tosan aji sepuh. Tampilan fotonya seperti dibawah ini.

manfaat tombak sigar jantung

Ukuran

Untuk ukuran tombak ini cukup panjang & tebal dari bawah pangkal tombak sampai atas kira-kira ada 35 cm dengan bagian tengah tebal & bagian sisi tombak tajam namun keropos.

pusaka tombak sigar jantung

Pamor Logam Sepuh

Apipah tidak mengetahui lebih detailnya mengenai istilah pamor, namun jika dilihat lebih dekat pada bagian sisinya seperti ada barisan panjang meliuk warna putih dan juga pada bagian tengahnya. Ada yang mengatakan bahwa senjata jaman dulu dibuat dari logam besi murni dan batu meteor.

Logam yg ada pada tombak ini unik sangat sepuh terlihat tidak rata namun jika diperhatikan lebih dekat sangat mengagumkan. Seperti rambut panjang terurai.

Pamor Tombak Tosan Aji

Filosofi Makna Hidup

Seperti pada tosan aji lainnya, tombak sigar jantung ini juga memiliki filosofi yang luar biasa. Sesuai dengan namanya tombak ini beri nama Sigar Jantung berarti “Bunga Jantung” mungkin karena mirip dengan jantung pisang yang berwarna merah.

Tombak Sigar Jantung Asli

Pohon pisang tidak mau mati sebelum berbuah, begitu juga pohon pisang akan menghasilkan tunas-tunas muda sebagai penerus perjuangannya memberi manfaat kepada siapapun.

Makna terdalam dari tombak Sigar Jantung ini adalah kerendahan hati, pemberi manfaat & berpikir kedepan.

Intinya dengan tombak sigar jantung kita akan di ingatkan pada pohon pisang yang memiliki filosi sangat tinggi sehingga kita termotivasi agar selalu menjadi manusia bermanfaat.

Manfaat Atau Tuah

Tuah atas tombak sigar jantung ini Apipah tidak begitu mengetahuinya. Namun pasti tuahnya akan sangat bagus jika melihat pada makna filosofinya tersebut.

Manfaat dengan memiliki benda-benda jaman dulu akan diingatkan pada leluhur kita betapa kehidupan tempo doeloe penuh perjuangan.

Namun mungkin jika jaman dulu manfaatnya digunakan untuk menjaga diri, berperang dan juga sebagai status sosial. Dimana tuahnya sangat beragam disesuaikan oleh empu pembuatnya. Bisa untuk kewibawaan, kekuatan dll

Nilai Harga

Setelah survei dibeberapa toko unline harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai jutaan. Namun prkiraan benda semacam ini yg sudah benar-benar lawas atau kuno harganya pasti mahal karena untuk mendapatkan benda lawas sangat susah, terlebih lagi jika sang pemilik enggan menjualnya.

Untuk lebih detail melihat tombak sigar jantung ini bisa melihat videonya dibawah ini (Videonyadi Hapus Ma’af) Benda ini bukan milik Apipah ya, hanya ikut jepret saja untuk dipajang jadi konten.

Mohon dimaklum ya.. karena wawasan mengenai benda tosan aji seperti ini sangat kurang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk sobat yg akan mulai mengoleksi benda-benda kuno.