Ada banyak faktor kenapa  keyboard laptop tiba-tiba rusak tidak berfungsi semuanya ataupun sebagian. Tentu saja kejadian ini sangat menjengkelkan, terlebih lagi keyboard laptop berbeda dengan komputer pc yang jika rusak hanya perlu ganti beli baru tanpa bongkar casing.

Berikut dibawah ini adalah cara ringan dan mudah dalam pertolongan pertama apabila keyboard laptop rusak tidak berfungsi.

Memperbaiki Keyboard Rusak, Cara Sederhana :

Ini adalah beberapa pengalaman yang Apipah lakukan ketika laptop keyboardnya tidak berfungsi atau error. Mungkin bisa dicoba sendiri dirumah, cara ini termasuk ringan tidak sampai bongkar casing. Begini caranya :

Bersihkan Debu Pada Keyboard

Kebanyakan kaeyboard tidak berfungsi akibat adanya debu atau kotoran yang masuk pada sela-sela keyboard. Cara membersihkannya sangat mudah yaitu dengan memakai kuas kecil atau alat khusus yaitu vacum cleaner untuk menghisap debu.

Tekan Lembut Tombol Yang Tidak Berfungsi

Bisa juga dengan cara menekan-nekan secara lembut tombol yang rusak. Rasakan secara perlahan biasanya jika kotor akan terasa ada yang mengganjal. Dengan cara menekan-nekan dan sambil dimiringkan sedikit kotoran akan keluar.

Restart Masuk Safe Mode

Ini adalah cara untuk mengecek kerusakan pada software atau driver laptop. Caranya restart laptop kemudian ketika booting tekan terus F8 untuk masuk safe mode khusus Windows 7. Untuk windows 8 ke atas caranya berbeda search saja sesuai tipe windows yang digunakan. Jika saat masuk safe mode keyboard berjalan normal berarti ada software yang rusak yang menyebabkan driver rusak. Maka hapus software terakhir di install yang diduga penyebabnya.

Update Driver Keyboard

Jila software yang diduga sudah di hapus tetapi masih tetap tidak berfungsi coba update driver keyboard. Caranya masuk pada Device Manager untuk melihat daftar driver perangkat driver laptop, biasanya jika ada driver bermasalah ada tanda seru kuning.

Cek Pengaturan di Control Panel

Mungkin saja ada yang jahil karena mengubah pengaturan keyboardnya. Untuk melihatnya bisa cek melalui control panel. Caranya masuk Control Panel > Pilih Ease of Accses > Pilih Change Your Keyboards Work kemudian hapus tanda pada tulisan Turn On Sticky dan Hapus tanda juga tanda centang pada Turn On Filter Keys > pilih ok

Jika dari beberapa cara tersebut sudah dilakukan tetapi keyboard masih error tidak berfungsi berarti kerusakan ada pasa hardware keyboadnya bisa terjadi kabel fleksibel kabelnya rusak atau tombol pada bagian didalamnya sobek. Jika seperti itu maka harus perbaikan berat yaitu di bongkar atau ganti dan harus dibawa ke jasa service laptop.

Solusi Jika Keyboard Laptop Rusak

Mungkin sekarang ini sedang terburu-buru mengerjakan tugas dan perlu diselesaikan hari ini juga. Nah … berikut ini adakah solusi jika keyboard rusak tetapi tidak bisa memperbaikinya.

Gunakan Touch Keyboard

Ini adalah fitur bawaan yang ada pada Windows biasanya letaknya ada pada bagian pojok bawah dekat jam dan icon baterai. Jika tidak ada klik kanan pada bagian bawah taskbar pilih Show touch Keybord Button.

Pakai Aplikasi Keyboard HP

Solusi kedua jika pakai Touch Keyboard sangat melelahkan karena pakai mouse. Coba pakai aplikasi khusus untuk HP Smartphone supaya bisa dijadikan keyboard. Namun syaratnya laptop memiliki koneksi wifi dan bluetooth.

Daftar Aplikasinya Keyboard Laptop di Android

  • Wifi Mouse
  • USB Remote
  • Google Remote
  • Bluetooth Remote PC
  • Gpad Remote

Selain bisa untuk keyboard, beberapa aplikasi tersebut juga bisa untuk dijadikan mouse laptop. Aplikasi-aplikasi tersebut ada di Play Store bisa di coba satu persatu yang mana yang bagus dan mana yang mudah digunakan.

Ngerjain Tugasnya di Smartphone Saja

Solusi lainnya jika keyboard laptop masih error yaitu mengerkan tugasnya melalui smartphone saja. Ada banyak aplikasi untuk mengerjakan tugas berbentuk dokumen seperti makalah, bisa pakai aplikasi android Microsft Office atau Google Dokumen.

Demikian, terimakasih telah mampir ke blog Apipah semoga bermanfaat dan keyboard laptopnya bisa normal lagi serta solusi jika keyboard error tersebut bisa membantu.