Dari pengertian secara bahasa kata qunut berasal dari kalimat bahasa Arab yaitu  الْقُنُوْتُ‎, Al- Qunut yang memiliki beberapa makna di antaranya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk dan do’a.

Sedangkan secara istilah Qunut bisa diartikan sebagai do’a yang dibacakan ketika Sholat Subuh sesudah I’tidal atau sebelum sujud di rakaat kedua / terakhir. Berikut ini adalah bacaannya.

Bacaan Do’a Pertama Dibaca Jahar / Keras oleh Imam.

اللّٰهُمَّ اهْدِناَ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنناَ فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّناَ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لَناَ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِناَ شَرَّمَا قَضَيْتَ

Terjemah : Ya Allah berilah kami petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kami perlindungan kesehatan sebagaimana orang-orang yang Engkau lindungi kesehatan. Sayangilah kami sebagaimana orang-orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan.

Tulisan Latin : Allhummah Dinaa Fiman Hadaiit, Wa’afinaa fiman A’faiit, Watawallana Fiman Tawalait, Wabariklanaa Fima A’thoiit, Wabariklanaa Fima A’thoit, Waqinaa Birohmatika Syarromaa Qodhoit.

Dilanjut Bacaan Pujian Secara Lirih / Suara Perlahan

فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

Terjemah  : Sesungguhnya Engkau yang memberi keputusan dan tidak ada orang yang memberikan putusan kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau, wahai Rabb kami Yang Maha Luhur. Bagi Engkau segala pujian atas apa yang telah Engkau putuskan. Kami memohon ampunan kepada-Mu, dan kami bertobat kepada-Mu.

Tulisan Latin : Fa Innaka Taqdhi Wa La Yuqdho A’laik, Wa Innahu La Ya Dzillu Man Walait, Wa La Ya izzu man ‘Adait, Tabarokta Robbana Wa Ta’aalait, Falakalhamdu A’la maa Qodhoit, Wa astagfiruka wa atubu ilaik.

Dilanjut Do’a Kedua Dibaca Jahar oleh Imam

اللّٰهُمَّ سَلِّمْنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ وَعَافِنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ وَاكْفِنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ شَرِّ مَصَائِبِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ

Terjemah : Ya Allah, selamatkanlah kami dan orang-orang muslim. Sejahterakanlah kami dan orang-orang muslim. Peliharalah kami dan mereka dari keburukan musibah dunia dan agama.

Tulisan Latin : Alhumma Sallimnaa Wal Muslimin, Wa A’afinaa Wal muslimin, Wakfinaa Wa iyyahum min Syarri mashoo ibidunya waddin.

Terakhir Baca Sholawat Secara Lirih

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Terjemah : Ya Allah, selamatkanlah kami dan orang-orang muslim. Sejahterakanlah kami dan orang-orang muslim. Peliharalah kami dan mereka dari keburukan musibah dunia dan agama.

Tulisan Latin : Washollollohu ‘Ala Sayyidina Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi Wa ‘Ala Alihi Washohbihi Wa sallim.

Tulisan Bacaan Qunut Imam Subuh JPG

bacaan qunut imam berjamaah subuh

Seperti itualah Do’a Qunut Imam Subuh Berjamah lengkap dengan terjamah dan juga bacaan dalam huruf latinnya, semoga bermanfaat dan mohon ma’af jika terdapat kekurangan atau ketikannya ada yang typo.