Ada banyak cara yang beredar di internet tentang tulisan cara mengatasi wifi laptop sering putus nyambung, baik itu di Windows 10 atau versi lainnya seperti Windows 7.

Namun pengalaman ini Apipah rasakan di laptop Asus N46JV (laptop lama) yang barus di instal Windows 10. Ternyata koneksi wifinya tidak stabil.

Jaringan internetnya suka tiba-tiba terputus dengan sendirinya, tentu saja ini sangat tidak keren apalagi jika sedang mendownload dan ditinggalkan malah gagal download.

Cara – Cara Yang Sudah Telah di Lakukan

1. Update dan uninstal Driver Wifi

Cara ini sudah dilakukan dengan menghapus driver melalui device manager control panel dan mengganti dengan driver baru namun tetap masih putus nyambung.

2. Reset Network

Cara ini juga sama tidak menyelesaikan masalah, caranya mudah di Windows 10 cukup masuk tulis ketikan pada kolom pencarian Network Reset dan pilih itu kemudian akan ngerestart ikuri saja petunjukanya.

3. Setting Pada Bagian Adapter Wifi

Untuk masuk ke pengaturan ini caranya masuk Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting kemudian kIik kanan pada bagian adapter wifi dan pilih properties

Kemudian Double KIik pada bagian Internet Protocol Version 4 sehingga kemudian pilih Advanced kemudian piilh WINS dan cek list Enable NetBios over TPC/IP dan OK

Cara ini juga sudah dilakukan namun tetap saja wifi di laptop Asus dengan Windows 10 masih sering putus nyambung atau disconnect.

4. Pakai Reset via Command Prompt

Caranya tinggal masuk pada pencarian icon yang dekat logo windows kemudian ketikan Command Prompt dan jalankan kik kanan Run as Admististrator

Selanjutnya memasukan kode-kode berikut satu persatu, tiap baris enter

NETSH INT IP RESET C:RESETLOG.TXT
NETSH WINSOCK RESET
IPCONFIG /FLUGSHDNS

Perlu diketahui juga bahwa cara ini juga Apipah gagal kemudian pakai cara yang lain yaitu dengan

5. Ganti Network Discovery dari Publik ke Pribadi

Caranya pilih pada bagian Logo Wifi paling bawah kemudian pilih Properties pada bagian jaringan wifi yang sedang tersambung.

Sama cara ini juga tidak berhasil, internet di laptop Windows 10 masih tetap tidak stabil alias selalu terputus dengan sendirinya.

Sebenarnya masih banyak cara yang Apipah pakai untuk memperbaiki Ketidakstabilan Wifi Laptop ini. Disarankan ikuti tutorial dari para master melalui video youtube.

6. Cara Terakhir Berhasil Mengganti Adapter Wifi Card

Setelah beberapa kali mengikuti tutorial cara memperbaiki wifi akhir kepikiran pada hardware wifinya yang sudah lemah. Kemudian di tes pakai adapter wifi laptop lain ternyata berhasil lancar tanpa perlu setting-setting lagi.

Hardware Wifi dan bluetooth Laptop

Bentuk hardware atau prangkat kerasnya seperti itu kecil, biasanya terletak pada bagian belakang laptop dekat RAM atau Hardisk. Cirinya ada kabel antena warna hitam dan putih.

Hardware Adapter Card Wifi Wireless ini juga biasanya sekaligus menyatu dengan bluetooth. Harganya beragam sesuai spek speed kecepatan datanya, harga mulai 50 ribu sampai seratus ribu. Jika mau beli ada baiknya cek dulu model Wifi Card Wifi laptopnya.

Mengganti Hardware Adapter Card Wifi ini adalah pilihan terakhir dan ternyata tepat banget wifi jadi stabil tidak putus-putus lagi.

Jika tidak mau repot bongkar-bongkar casing laptop, lebih baik beli adpter wifi bluetooth external saja agar mudah dipindahin ke laptop atau komputer lain.

CEK HARGA TERBARU

Ada beberapa kemungkinan kenapa harus ganti Hardware Adapter Wifi;  kemungkinan karena sudah lemah atau mungkin tidak cocok untuk Windows 10. Jika penasaran karena masih terjadi problem tidak ada salahnya membeli komponen ini, harganya cukup murah.

Demkian informasi hari ini semoga bermanfaat dan tetap semangat, untuk mengganti Adapter Wifi seperti yang Apipah lakukan bisa menjadi pertimbangan lainnya jika masih terdapat problem wifi di laptop Windows 10.