Tv jadul adalah tv yang masih menggunakan siaran TV analog, biasanya ciriy tv hadyk ang paling umum berbentuk besar memakai tabung. namun ada juga tv LED atau LCD tapi masih analog.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah tv LED Anda sudah digital adalah dengan cara scan cari ulang program channel televisinya. biasanya jika sudah digital pada bagian keterangan nama channelnya ada tulisan DIGITAL ATAU DTV sedangkan untuk analog tulisannya ANTENA ATAU ATV ATAU ANALOG.

Jika ketika sudah dicari ulang siaran tvn masih tetap dapat yang analog , gambarnya masih bersemut berarti tvnya belum Digital TV. Namun pastikan juga bahwa didaerah Anda sudah menjangkau jaringan TV analog, caranya memakai aplikasi  download melalui playstore dengan nama SintyalTVdigital atau cek tetangga sebelah.

Supaya Bisa Menjadi TV Digital

Perlu diektahui walaupun TV Anda masih tv tabung atau masih tv LED jadul tetap bisa bisa menjadi TV Digital dengan cara memakai peralatan tambahan yaitu Set Top Box atau yang disingkat dengan STB dengan penerima siarang DVBT2 (Khusus TV Digital)

TV Tabung Jadi TV Digital Terbaru

Bentuknya hampir sama dengan perangkat penerima siaran TV parabola, hanya saja STB ini bisa memakai antena UHF biasa dan pakai booster antena biasa.

Berapa Harga Set Top Boxnya ?

Untuk harganya bervariasi mulai dari yang 150 ribuan sampai ratusan ribu ada, terganutng spesisifkasi dan fitur yang diberikan. Berikut dibawah ini contoh set box lengkap dengan videonya :

SET BOX HARGA 300 RIBUAN

SET TOP BOX HARGA 160 RIBUAN

Simpulannya TV Jadul analog bisa menjadi TV Digital dengan memakai alat tambahan yang dinamakan Set Top Box  DVB T2 khusus siaran TV Digital, Demikian informasi kali semoga bermanfaat.