Epson L3110 merupakan salahsatu tipe printer buatan Epson yang dipakai dikalangan perkantoran maupun rumahan. Model printer ini sangat bagus karena sudah multifungsi, selain bisa untuk print dokumen ataupun foto, printer ini juga bisa scan dan foto copy langsung, warna ataupun hitam putih.

Berbeda dengan Epson L300, printer Epson L3110 ini memiliki body yang besar dan cukup bobot karena memang ada fitur tambahan yaitu scaner.

Masalah muncul pada Epson L3110 ini adalah terjadinya error tidak bisa print dokumen dan muncul kedipan lampu oren kertas secara terus menerus.

Penyebab Error

Penyebab utama kenapa terjadi kedipan lampu kertas adalah karena adanya kertas kecil atau potongan kertas yang belum keluar dari printernya. Sehingga sensor mendeteksi masih adanya kertas didalam printer, mungkin tadinya kertasnya kusut ataupun kertasnya terlalu kecil saat ngeprint sehingga kertas tersangkut pada bagian gear atau roda pendorongnya.

 

Solusi Perbaikan

Cara sederhana sebagai pertolongan pertama adalah memeriksa bagian dalam printer. Dengan cara :

  • Buka tutup depan printer ( Yang Ada Tulisan Epson), cukup ditarik saja kedepan
  • Lihat perhatikan pada bagian bawah roda-roda kecil
  • Jika terlihat kertas, angkat perlahan rodanya pakai pinset
  • Kemudian ambil

Memperbaiki Epson L3110 Tidak bisa Print

Masih Berkedip Tidak Bisa Cetak Kertas ?

Jika cara diatas sudah dilakukan dengan membuang potongan-potongan kertas yang tersangkut, kemungkinan lainnya kerusakan pada gear roda pendorong kertas yang terletak pada bagian paling dalam atas. Jika terjadi kerusakan pada hardware tersebut harus dibongkar dan diganti.