Hadis dibawah ini ada pada materi pelajaran Al-Quran Hadis semester 1 BAB I kelas 12 MA dengan judul besar “Membudayakan Pola Hidup Sederhana dan Manyantuni Dhuafa”.

Dhuafa adalah isitilah bahasamerupakan bentuk jamak dari kata dhaif yang berarti lemah. Dhuafa bisa diartikan orang-orang yang hidupnya lemah ataupun serba kekurangan seperti golongan yatim, janda, fakir miskin, korban bencana dll.

Allah swt. membuat keadaan manusia berbeda-beda. ada yang berkecukupan dan ada yang kekurangan. Hadis ini berisi perintah untuk menyantuni orang-orang yang tidak seberuntung kita. Perumpamaan yang dipakai adalah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah, maksudnya orang yang memberi lebih baik dari pada orang meminta. Begitulah Allah swt. membuat manusia untuk saling memberi kebaikan kepada orang lain.

Hadis Tentang Memberi Lebih Baik

Arti Hadis :

Dari Hakim bin Hizam ra, dari Nabi Muhammad saw., beliau bersabda: “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah, maka mulailah dengan orang-orang yang menjadi tanggunganmu. Sebaik-baik sedekah adalah dari orang yang sudah cukup (untuk kebutuhan dirinya). Maka siapa yang berusaha menjaga dirinya, Allah akan menjaganya dan siapa yang merasa cukup untuk dirinya maka Allah akan mencukupkannya.” (HR. Bukhari)