Nama lain dari Shock Breaker adalah peredam kejut, shock absorber, atau juga bisa disebut damper. Sudah jelas fungsi dari Shock Breaker ini adalah sebagai peredam kejut dari hasil hentakan atau gerakan suatu benda seperti pada pegerakan sepeda motor.

Shock Breaker ini merupakan alat mekanik yang dibuat dari bahan dasar logam baja, sehingga memiliki daya kuat dan mampu bertahan lama. Dengan adanya Shock Breaker ini akan membuat kendaraan nyaman ketika melawati jalan bergelombang.

Biaya Service Shock Breaker

Walaupun Shock Breaker dibuat dari bahan logam baja, namun tentu saja harus mengetahui hal-hal berikut agar Shock Breaker tidak cepat rusak seperti oli bocor, bunyi jeduk dll, dengan mengetahui hal-hal sebagai :

Seal Shock Rusak

Sangat sering terjadi pada sepeda motor sepeda vario 125, 150, beat, mio, scoopy dll dimana pada bagian Shock Breaker depannya bocor keluar oli. Ini terjadi karena seal shocknya rusak maka perlu diganti harganya sangat murah mulai dari 10 rb sampai 50 tergantung gradenya.

As Shock Baret

Meskipun seal shock sudah diganti tetapi pada bagain As Shocknya baret dipastikan seal shock akan cepat rusak lagi. Solusinya ganti as shock dan sealnya jika as sudah terlihat baret. As shock sepasang 150 – 200 ribuan lebih tergantung gradenya.

Tekanan Angin Ban Depan Terlalu Keras

Tekan ban yang terlalu bisa memicu terjadinya kerusakan pada Shock Breaker karena akan membuat kinerja Shock Breaker menjadi lebih berat karena tidak ada peradaman awal pada ban luarnya. Normalnya tekanan ban depan untuk matic sekitar 28 – 29 psi.

Sering Ngehajaar Lobang / Rintangan

Ada baiknya rem dulu sedikit jika ada lobang atau rintangan tidur, agar Shock Breakernya tidak terlalu kaget.

Motor Jarang di Cuci

Sangat penting mencuci membersihkan motor, Shock Breaker bisa menjadi cepat rusak jika motor jarang dicuci apalagi jika sudah dipakai hujan-hujanan. Karena jika tidak dicuci kotoran bisa mengerak dan masuk pada sisi-sisi seal Shock Breaker.

Jika Shock Breaker sudah bocor dan telihat oli keluar dipastikan jika dijalan kena luba lobang akan tersa keras dan hentakannya akan terasa jeduk. Jika sudah terasa seperti ini langsung saja bawa ke bengkel motor terdekat agar kerusakan Shock Breaker tidak terlalu parah.