Tas PU Leather Apakah itu Kulit Asli / Original ?

Tas PU Leather Apakah itu Kulit Asli / Original ?
5 (100%) 31 votes

Ketika kamu akan membeli tas yang berlabel kulit tentunya pernah melihat dalam spesfikasinya bertulisakan bahan PU Leather atau Kulit PU. Nah apakah PU Leather itu 100% benar-benar kulit asli ?

Akhir setelah keliling mencari informasi tentang PU Leather, ternyata bahan PU tersebut tidaklah asli kulit melainkan kulit buatan manusia.

PU leather adalah singkatan dari polyutherane leather atau bahan kulit buatan manusia (sintetis). Terdiri dari kombinasi kulit asli kualitas rendah dan lapisan polyutherane yang dipress atau ditimbulkan ke permukaan.

Harganya sangat murah untuk produk Kulit PU Leather, jika dilihat di beberapa marketplace biasanya harga awal mahal namun setelah beberapa lama akan terjun bebas diskon hingga 80% sehingga buyer pernama akan merasa tertipu, ternyata barang yang dibelinya adalah produk murahan.

Ada baiknya, kamu mengetahui beberapa istilah jenis kulit asli yang belum banyak dikenal diantaranya adalah :

Full Grain Leather

Jenis material kulit Full Grain Leather yang satu ini mempertahankan karakter alami dari kulit itu sendiri atau tanpa menghilangkan kerutan dan guratan alami kulit. Lama kelamaan seriring lamanya pemakaian, material full grain leather akan semakin terlihat bagus dan membentuk patina jika dirawat dengan baik dan benar.

Tas Kulit Full Grain Leather

Namun harganya tidak murah, dan tergolng paling mahal dalam dunia leather goods baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pull Up Leather

Banyak yang keliru dengan istilah ini, karena ada kulit sintetis yaitu PU leather, padahal PU leather dan Pull Up Leather sangat berbeda. Kulit  Pull Up Leather adalah jenis kulit yang telah melalui proses koreksi dengan pewarnaan menggunakan anilin yang menyatu dengan minyak pada kulit.

Kulit Pull Up Leather ini mempunyai karakter lembut, elastis serta daya tahan tinggi. Keunikan jenis kulit ini adalah jika kulitini ditarik atau dilipat maka akan ada efek perubahan warna menjadi lebih terang, karena itulah dinamakan Pull Up Leather.

Harga untuk produk Original Pull Up buatan Garut memiliki kualitas terbaik dan harga bersahabat bisa dilihat contoh tas Pull Up Leather salah satu brand ternama asal Garut.

Tas Kulit Pull Up Leather

Keunikan lainnya dari Pull Up Leather adalah semakin lama kulit terlihat keren karena akan terbentuk patina yang disebabkan kandungan minyak alami pada kulit.

Tas Pull Up Leather Women Style

Jenis Kulit Pull Up mudah tergores tetapi hanya tinggal digosok pakai tangan, kulit Pull Up akan kembali ke bentuk semula.

Crazy Horse Leather

Jangan salah dulu, Crazy Horse Leather bukan kata sebenarnya yang memiliki “Kulit Kuda Gila” tetapi istilah ini dipakai karena popular untuk pembuatan pelana kuda. Pada mulanya jenis kulit ini sama dengan kulit Pull Up hanya saja perbedaan terletak pada motifnya yang terlihat retro, vintage atau terlihat seperti kulit lama.

Tas Messenger Crazy Horse

Hal tersebut karena didesain demikian, jika yang tidak mengerti dengan karakter Crazy Horse Leather bisa jadi mereka menyebut produknya “Bekas”

Semakin sering dipakai maka akan secara alami produk dari bahan kulit crazy horse akan penuh dengan goresan yang menghasilkan tampilan retro atau klasik. Hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmati indahnya jenis kulit ini.

Nabati Leather

Sering juga disebut Vegtan Leather Good, namun jangan salah ya, Nabati Leather ini bukan dari kulit sayuran, ini hanya sebuah istilah saja.

Karakter dari kulit ini adalah Warna Natural namun lama kelamaan akan berubah warna menjadi agak coklat sering dengan pemakaian.

Nabati Leather Wallet

Selain itu juga harganya mahal karena proses penyamkannya cukup lama bisa mencapai 2 bulan. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis kulit untuk Produk Leather Goods sepertti Nappa Leather, Wash Leather, Suede Leather, Spinil Leather dan Nubuck Leather.