Laptop Mati Total Apa Datanya Masih Bisa Diselamatkan ?

Pastinya pertanyaan ini muncul dibenak sobat Apipah semua, tatkala musibah terjadi laptop mati total dan diservicepun biayanya sangat mahal. Karena yang rusaknya adalah motherboot atau prosesornya.

Ini pengalaman Apipah sendiri awalnya laptop sering mati sendiri dan terdengar suara berisik dari dalam laptop. Kondisi laptop sangat panas dan kemudian mati. Namun setelah di dinginkan laptop nyala lagi normal namun jika sudah dipakai lama mati lagi.

Baca Juga : Tas Laptop 14 Inch Kulit Asli

Hingga akhirnya laptop mati total tidak bisa dipakai sama sekali. Dan kata tukang servicenya motherboard laptop rusak dan biayanya lumayan mahal.

Karena datanya sangat penting, apalagi sedang mengerjakan tugas akhir sekolah, skripsi atau hal lainnya. Akhirnya Apipah mendapatkan ide hanya ingin data laptop saja. Servicenya nanti saja jika uang sudah cukup.

Akhirnya bertanya kepada tukang servicenya tentang masalah data laptop tersebut apakah bisa diselamatkan ? Katanya bisa, karena hardisk laptop masih dalam kondisi baik.

Hanya saja perlu memakai alat tambahan yang dinamakan dengan Casing Hardisk External jadi seperti usb lagi namun ini lebih besar. Akhirnya hardisnya dilepas dan bisa dibaca pada komputer atau laptop lain, bentuknya seperti ini.

Laptop Mati Total HDD External
Hardisk External

Harganya cukup murah sekitar 80-100 ribuan saja, ada banyak model yang Apipah beli yang model sederhana saja.

Demikianlah untuk Laptop Mati Total Apa Datanya Bisa Diselamatkan ? jawabanya iya, jika hardisk laptopnya masih berfungsi normal.

TIPS :

Jika laptop sobat sudah mengalami mati sendiri ketika sedang digunakan ada baiknya langsung di service jangan dibiarkan, supaya komponen yang overheat dikasih pasta lagi supaya tidak cepat panas.

Begitu juga jangan dipakai diatas kasur karena akan menimbulkan panas berlebih, jika akan dipakai lama mengerjakan tugas ada baiknya memakai kipas tambahan, dan colokan usb kipasnya bagusnya pakai adaptor charger jangan langsung ke laptop.