Solusi Penyebab Laptop Layar Biru Restart Sendiri

Tiba-tiba layar laptop menjadi biru dan muncul tulisan “Your PC ran into a problem and needs to restart. We’re just collecting some error info, and then we’ll for you” dsan seterusnya.

Tentu saja dengan kejadian Layar Biru Restart Sendiri kita menjadi panik apalagi saat pinjem laptop teman atau oranglain.

Laptop Layar Biru ErrorIstilah layar biru ini dikenal dengan Blue Screen atau Blue Screen of Death yang disingkat menjadi BSoD kejadian ini sering terjadi pada laptop maupun komputer pc yang berbasis windonws. Bisa itu tipe windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 atau yang lebih baru.

Solusi & Penyebab Laptop Layar Biru

Berikut ini adalah beberapa penyebab layar laptop tiba-tiba menjadi biru dan minta restart. Kasusnya beragam, ada yang hanya layar biru plus tulisan, ada juga yang layar biru dengan dibarengi bunyi beep kencang & cepat.

Kerusakan Dirver Hardware

Bisanya terjadi layar biru pada laptop adalah adanya kerusakan pada hardware, dimana antara hardware dan software driver sudah tidak sejalan.

Solusinya adalah dengan menginstal ulang semua driver laptop, mulai dari vga, suara, bluetooth, lan, wifi dll biasanya software driver ada pada kaset dvd saat pembelian.

Terinfeksi Malware

Beberapa kasus kejadian seperti ini biasa disebabkan karena malware yang merusak informasi firmware hardware, driver yang rusak.

Solusinya yaitu dengan menginstal antivirus untuk memeriksa keaadan seluruh software di komputer sobat. Jika sudah terinstal anti virusnya kemungkinan anti virusnya belum di update. Untuk itu anti virus perlu di update karena setiap saat tipe malware bertambah akibatnya antivirus harus terus update.

System Restore

Jika baru pertama kali mengalami masalah ini coba lakukan System Restore untuk mengatasinya. Cara System Retore ini cukup panjang ya, coba cari tutorialnya via youtube supaya lebih jelas langsung praktek.

Cara dengan System Restore Ini akan membuat kondisi software laptop  atau pc kembali pada keadaan sebelumnya. Jika dengan cara ini berhasil dan tidak terjadi lagi layar biru kemungkinan besar terjadi pada software yang baru di instal.

Boot ke Safe Mode

Jika laptop sobat terjadi layar biru ketika dinyalakan coba masuk laptop melalui Boot Safe Mode. Caranya yaitu ketika sudah menekan tombol power langsung tekan terus menerus tombol F8 sampai muncul tampilan layar hitam menu Advanced boot options kemudian gunakan tombol panah bawah dan pilih Safe Mode tekan Enter.

Pada mode Safe Mode, Windows hanya memakai driver-driver penting saja. Jika dalam keaddan Safe Mode normal tanpa terjadinya error layar biru kemungkinan da kesalahan instal driver dan pada saat model ini bisa di uninstal drivernya.

Install Ulang Windows

Solusi terakhir adalah dengan cara menginstall ulang komputer windows. Dengan cara seperti ini, sistem software akan dimulai lagi dari awal dan lebih fresh. Tetapi jika masalah layar biru masih saja tidak terselesaikan berarti kerusakan ada pada hardware bisa jadi yang rusak dan perlu diganti adalah hardsiknya.

Atau coba mengecek kesehatan hardisk menggunakan software pihak ketiga yaitu Harddisk, HDTune, dll.

Kesimpulan dari uraian diatas adalah sobat harus mengecek satu persatu untuk mengetahui penyebabnya. Demikian juga jika penyebabnya berbeda solusinya juga berbeda.

Demikianlah tentang analisa Solusi & Penyebab Laptop Layar Biru Restart Sendiri semoga bermanfaat dan jangan panik tetap semangat sobat.