Ada banyak faktor yang membuat kulit asli pada jaket menjadi tidak lembut dan lentur lagi, bahkan warnanya menjadi memudar. Salahsatunya adalah karena sering terkena sinar matahari langsung, hujan-hujanan dan faktor lainnya adalah karena grade bahan kulit jaketnya jelek.

Perlu diketahui juga bahwa grade kulit untuk membuat jaket juga beragam mulai dari kualitas kulit standar yang harganya murah, super grade pertengahan dan super premium yang harganya biasanya diatas 1.5 jutaan. Grade ini menentukan kualitas kulitnya, mulai dari ketahanan cat, kelenturan dan kelembutan. Perbedaannya ada pada cara pengolahaan dan bahan racikan yang dipakai.

Ada penyebab lain yang membuat jaket kulit asli sobat menjadi keras dan kaku, yaitu karena salahnya memakai cairan perawatan jaket. Ada banyak artikel di internet yang memberikan tips memakai lotion yang khsusus untuk perawatan tubuh manusia ada juga yang merekomendasikan pakai minyak, bisa itu minyak goreng ataupun minyak zaitun.

Tentu saja hal tersebut bukanlah alat khusus untuk melembutkan jaket kulit karena mempunyai fungsinya masing-masing.

Rekomedasi Perawatan Jaket Kulit Asli

Ada baiknya memakai cairan atau lotion khusus untuk jaket kulit agar hasilnya memuaskan sesuai ekpetasi. berikut ini adalah rekomendasi Apipah untuk perawatan jaket kulit asli agar menjadi lembut kembali.

Bio Polish Leather Care Natural Beeswax

Yang pertama bentuknya seperti semir sepatu yang biasa kita temui, namun pada bagian dalammnya berbeda. Dalamnya seperti balsem. Cara pemakainnya dioles dan harus memakai spon atau lap halus.

Pelembut Jaket Kulit Keras

Untuk hasilnya sangat bagus, jaketnya menjadi lembut lagi dan permukaan jaketnya jadi lebih mengkilat. Harganya sekitar 60 ribuan untuk ukuran 60gr.

Lotion Protect Garvis

Pelembut yang kedua adalah Lotion Protect Garvis, bentuknya seperti sparay namun isi dalamnya tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu kental.

Cara Melembutkan Jaket Kult KakuCara Melembutkan Jaket Kulit Kaku

Lotion ini bukan hanya untuk melembutkan jaket kulit, namun juga bisa melindungi kulit jaket dari sinar matahari langsung dan juga wangi.

Cara menggunakannya juga mudah, hanya perlu ditekan pada bagian tuasnya dan oleskan pada permukaan jaket memakai lap lembut. Harganya bervariasi ada yang harga 25 ribu untuk ukuran 100ml dan 50 ribu untuk ukuran 250ml.

Mana yang paling bagus ? Apipah bingung jika harus menjawabnya, karena keduanya bagus sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Diantara kelebihannya untuk yang Bio Polish bisa terasa bertahan lebih lama karena bentuknya balsem, sedangkan untuk yang lotion protect penggunaanya sangat mudah dan juga wangi.