Kata VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Array yang berfungsi sebagai penghubung video VGA card komputer / laptop ke monitor atau proyektor. Dengan  adanya port VGA tampilar layar yang ada di laptop bisa tampil di monitor atau proyektor.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, port VGA pada laptop mulai tersingkirkan, karena adanya teknologi baru yang lebih canggih yaitu High Definition Multimedia Interface atau disingkat menjadi HDMI. Fungsinya hampir sama dengan VGA tetapi HDMI lebih canggih karena bisa menjadi konektor audio/video digital tanpa kompresi.

perbedaan port hdmi dan vga

Perbedaan lubang port HDMi dan VGA bisa dilihat pada foto diatas, yang gepeng HDMi dan yang besar warna kebiru-biruan port VGA. Laptop keluaran terbaru kebanyakan tipis-tipis karena tidak memiliki port VGA, sedang yang memiliki port VGA dipastikan laptopnya akan terasa tebal.

Solusi Jika Ingin Menyambungkan ke Multimedia VGA

Contohnya seperti pada proyektor infokus yang belum memiliki port HDMI, maka diperlukan konektor konventer HDMI to VGA bentuknya kecil seperti dibawah ini.

Kabel HDMI ke VGA

Untuk harganya bervariasi mulai dari 50 ribuan, harus cek spesfikasinya karena konektor HDMI to VGA yang hanya audio dan video, ada yang video saja. Seperti itulah informasi yang bisa Apipah bagikan kali semoga bermanfaat.