Tidak semua orang tahu bagaimana caranya membuat mengambil tangkapan layar atau Screnshot di Laptop yang aman tanpa memakai addon, plugin atau software dari pihak ketiga.

Kenapa cara Screenshot ini aman ? perlu diketahui bahwa cara Screenshot ini tidak memakai perangkat lunak online plugin atau software dari pihak ketiga. Jadi hasil Screenshot tidak tersimpan/terkirim pada server online secara publik. Jika layar yang ditangkapnya adalah informasi penting tentu sangat tidak aman. Nah berikut ini adalah tutorialnya :

Menekan Tombol Prt SC

Tombol ini biasanya ada pada bagian atas kanan keyboard, ada beberapa kombinasi untuk mengambil layar dengan tombol Prt SC diantaranya adalah :

a. Hanya Tombol Prt SC

Kumudian paste dengan cara Ctrl+V di aplikasi whatsapp Web, Paint atau Microsoft Office hasil tangkapan layarnya besar bagian taskbar windows terbawa.

b. Tombol Alt+Prt SC

Bisa juga kombinasikan dengan menekan tombol Alt+Prt SC secara bersamaan, cara yang ini hasil hasil tangkapan layarnya hanya aplikasi yang aktif saja. Cara untuk mengetahuinya sama yaitu dengan cara paste di aplikasi Whatsapp Web, Paint atau Microsoft Office.

c. Kombinasi Tombol Windows + Prt SC

Cara mengambil layar di laptop memakai kombinasi tombol Windows + Prt SC tidak perlu di paste di aplikasi lain. Hasilnya bisa langsung dilihat pada Folder Pictures nanti ada folder baru beranama Screenshot

Kombinasi Tombol Windows + Shift+ S

Berbeda dengan cara sebelumnya mengambil layar dengan menekan kombinasi tombol Windows Key+ Shift+ S nantinya layar akan warna hitam transparan dan bisa memilih area mana saja yang akan diambil caranya tekan mouse kiri  geser-geser untuk pilih area jika sudah lepaskan mousenya dan klik Copy dan kemudian bisa langsung di paste dengan cara Ctrl+V di aplikasi whatsapp Web, Paint, Microsoft Office atau aplikasi lain.

Memakai Aplikasi Snipping Tool

Aplikasi snipping tool adalah aplikasi bawaan yang ada pada windows 10, untuk cara menemukan aplikasi hanya pada kotak pencarian ketikan snipping tool nanti juga akan muncul, atau lihat pada bagian daftar aplikasi All Apps aplikasi snipping tool ada pada bagian Windows Accessories.

Cara SS di Laptop

Kemudian buka aplikasinya makan akan membuka layar kecil baru dan pilih New maka akan layar akan putih transparan kemduain select area mana yang akan screnshots caranya tekan mouse kiri & geser-geser untuk memilih area yang akan di Screenshot kemudian lepaskan, dam hasil Screenshot akan muncul. Cara menyimpannya bisa pilih icon disket atau di sebelah kiri atas pilih File ada pilihan Save As, Sent To atau Print.

Begitulah tutorial cara Screenshot di laptop yang aman pakai Windows 10 semoga bermanfaat dan berhasil, baca juga artikel lainnya yang ada di blog Apipah sederhana ini. Terimakasih …