Pembacaan salam pembukaan disesuaikan, berikut dibawah ini adalah isi teks pidato tentang pentingnya hormat / berbakti kepada orang tua untuk tingkat SD-SMP. Dalil al-Quran pada pidato tentang perintah berbakti kepada orang tua merupakan terjemah dari Q.S al-Isra ayat 23.

Isi Pidato Berbakti Kepada Orang Tua

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas semua nikmat serta hidayahNya, híngga kita bisa bertemu di acara ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa shalawat dan salam juga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari jalan yang gelap menuju jalan yang terang yakni agama Islam.

Kita sebagai makhluk Allah yang paling sempurna, sudah menjadi kewajiban setiap manusia untuk menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Selain itu kita harus selalu bersyukur kepada Allah Ta’ala atas nikmat yang diberikan kepada kita. 

Sebab jika kita mensyukuri nikmat Allah SWT. maka Dia akan menambah kenikmatan-Nya kepada kita. Begitu sebaliknya jika kita tidak mau bersyukur, maka kita akan menerima azab-Nya yang sangat pedih.

Kemudian Islam juga mengajarkan kepada kita untuk menyayangi dan mengasihi serta menghormati sesama manusia tanpa memandang bulu. Bahkan binatang pun kita tidak boleh menyakitinya, agar bisa terjalin kerukunan dan kedamaian hidup antara satu dengan yang lainnya.

Namun kenyataannya sekarang ini banyak kita jumpai generasi muda yang sudah tidak lagi menghormati sesama saudaranya, terutama kepada kedua orang tua. Mereka tidak mau menghormati, menyayangi dan mengasihi lagi. Apa lagi jika orang tua itu tidak memiliki harta kekayaan yang banyak, maka anaknya tidak lagi hormat dan bahkan menyia-nyíakan serta membangkang apa yang telah diperintahnya. Karena mereka merasa bahwa dia sudah bisa mencari uang sendiri, membeli pakaian dengan hasil sendiri dan bisa membeli sesuatu yang diinginkan dengan hasil keringatnya sendiri tanpa harus membutuhkan bantuan dari kedua orang tuanya.

Oleh karena itu mereka tidak lagi menghormati orang tuanya, tidak mau diatur dan bahkan dia yang mengatur orang tuanya.

Kadang-kadang mereka ada yang menjadikan kedua orang tuanya sebagai pembantu dan ada yang menitipkan kedua orang tuanya di panti jompo serta ada yang disuruh menjadi peminta (pengemis). Na’udzu billahi min dzalik.

Barangkali mereka telah lupa bahwa orang tuanyalah yang telah melahirkan ke dunia ini dengan taruhan nyawa, menyusuinya, menyuapinya, melindungi dari panas dingin dan mengasihinya dengan tulus ikhlas. Oleh karena itu kita wajib membalasnya dan menyadari akan hal itu dengan cara menyayanginya, menghormatinya dan menyenangkan hatinya. Mematuhinya serta merawatnya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Isra’ ayat 23 yang artinya :

Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Hadirin yang dímuliakan oleh Allah.

Itulah perintah Allah Ta’ala yang ditujukan kepada manusia agar mereka tidak menyekutukan-Nya dan juga agar senantiasa menghormati kedua orang tua. Selain itu ayat díatas juga menjelaskan bahwa kita sebagai anak tidak diperbolehkan berkata kasar kepada kedua orang tua. Apalagi membantahnya ataupun memukulnya, Na’udzu billahimin dzalik.

Hadirin yang dímuliakan oleh Allah. Demikianlah yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan jika ada kekeliruan karni mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata baca salaam.

Pantun Berbakti Kepada Orang Tua

Memandang laut tidak pernah jemu
Ilahi rabbi, ini sungguh nikmat
Hormatilah kedua orang tuamu
Hidupmu akan menjadi terhormat

Ayah bunda jalan berdua
Berdua memakai baju batik
Berbuat baiklah pada orang tua
Hidupmu akan jadi lebih baik

Indahnya langit berwarna biru
Sebiru lautan di Raja Ampat
Tak ada ruginya menghormati guru
Ilmu kita menjadi bermanfaat

Yuk Subcribe Video Baru Tentang Birrul Berbakti dan Hormat Kepada Orang tua dengan ayat Q.S Luqman ayat 14