Apakah Anda pernah melihat bungkusan kecil warna putih pada dus / kemasan produk fashion seperti jaket kulit, sepatu, dompet atau bahkan peralatan elektonik ? nah .. itu namanya adalah silica gel, bungkusan kecil tersebut isinya Silica Gel yang memiliki banyak manfaat agar barang yang disimpan tidak rusak jamuran, bau akibat lembab berlebih terutama jika akan disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Bungkusan silica Gel ini terkadang juga terlihat pada kemasan makanan, karena memang ada silica khusus yang aman dipakai pada kemasan makanan.

Silica Gel ini dibuat secara sintetis dari natrium, melalui proses penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2) bentuk agar-agar gel, kemudian didehidrasi menjadi butiran padat seperti kaca sehingga menjadi zat penyerap, pengering dari kelembapan.

Manfaat Silica Gel

Berikut dibawah ini adalah deretan tujuh manfat silika gel yang Apipah ketahui,

1. Untuk makanan kemasan

Silica gel ini juga terkadang terlihat ada pada bungkusan / kemasan kotak makanan, terutama pada makanan yang berbentuk seperti vitamin padat.  Fusnginya untuk mecegah dair kelembapan berlebih agar makanan tetap pada bentuk aslinya (kering), menjaga kualitas dan bisa lebih awet.

2. Menghilangkan bau dan jamur pada pakaian

Seperti pada sepatu, jika terjadi kelembapan berlebih setelah dipakai,, silica gel dapat menyerap kelembapan sehingga sehingga tidak bau dan jamuran. Begitu juga bisa diaplikasikan pada pakaian yang disimpan pada bagian lipatan.

4. Untuk tas peralatan make up

Bisa disimpan pada tas khusus kosmetik Anda, berfungsi melindungi dan menjaga kosmetik yang berbahan dasar serbuk agar tidak menggumpal.

5. Mencegah korosi / karat pada elektronik

Breperan sebagai penyerap kelembapan, silica gel ini sangat bermanfaat untuk mencegah karat pada barang-barang elektronik seperti laptop, kamera dll. Terutama setelah dipakai lalu dimasukan ke tas, maka dalam tas laptopnya perlu ada silica gel agar laptop tidak rusak karena kelembapan berlebih dari panas yang dihasilkan.

6. Untuk ponsel yang kebasahan

Biasanya mengeringkan ponsel yang basah dimasukan ke beras, namun bisa juga memakai silica gel, caranya ponsel yang basah dan bungkusan silica gel dimasukan pada kantong plastik. Tunggu 2-3 hari untuk memastikan semua bagian ponsel kering.

7. Agar foto lama tetap terjaga

Foto lama yang penuh kenangan bisa memakai silica gel, apalagi jika disimpan pada album foto yang jarang dibuka-buka. Maka dengan meletakan sliika pada tempat menyimpannya sangatlah diperlukan agar kertas-kertas fotonya tetap bagus.

Seperti itulah tips sharing kali ini, jangan lupa cari tahu lebih lanjut mengenai silica gel ini karena masih banyak lagi yang harus diketahui seperti takaran dan jenis-jenisnya.