Tipe outfit yang satu ini terlihat klasik namun sangat legend banget didunia, karena jaket ini dibuat dari bahan kulit asli tentu harus ada perhatian yang lebih dibandingkan dari bahan lainnya.

Permasalahan yang sering muncul untuk jaket yand dibuat dari bahan kulit asli yaitu munculnya jamur. Jamur ini muncul karena jaket disimpan diruang lembab dan juga lembab. Dengan munculnya jamur seperti ini, biasanya jaket kulit akan menimbulkan bau apek.

Membersihkan Jamur Pada Jaket Kulit

Penampakan Jamur di Jaket Kulit

Oleh karena itu harus cepat-cepat dibersihkan sebelum jamur pada jaketnya semakin banyak dan tebal, jika tidak cepat-cepat dibersihkan bisa mengakibatkan jaket menjadi rusak. Berikut cara-cara membersihkan jamurnya :

Pakai masker agar sporanya tidak terhirup

Selalu pakai masker jika ingin mebersihkan sesuatu yang memiliki ukuran kecil seperti jamur atau debu. Takutnya nanti ketika dibersihkan masuk hidung dan mengganggu kesehatan.

Gantung jaket kulit diluar ruangan

Penting juga untuk selalu memberihkannya diluar ruangan agar tidak mengotori barang-barang lainnya yang ada didalam ruangan.

Bersihkan jamur memakai sikat / kuas lembut

selalu gunakan sikat atau kuas yang lembut agar tidak merusak permukaan kulit pada jaket, bersihkan jamur secara searah sampai gumpalan jamur benar-benar hilang dan tersisa bercak-bercak putihnya saja.

Pakai Lotion Khusus, Jangan Yang Lain

Selanjutnya pakai lotion khusus, yang biasa dijual di toko-toko perlangkapan kulit. Jika belum punya cek produknya Disini Lotion Protect. Selain untuk membersihkan jamur lotion khusus ini juga bisa untuk mencegah jamur dan bisa sebagai pewangi jaket kulit. karena baunya yang enak.

Pelembut Jaket Kulit

Kenapa Apipah Menyarankan Memakai Lotion Khusus ?

Karena ada beberapa kasus dimana yang memakai alkohol ataupun cuka warna kulitnya malah seperti pudar dan juga kulit jadi mengeras. Jika memakai lotion khusus tentu akan aman. Selain untuk membersihkan jamur juga untuk melembutkan kulit.

Untuk pencegahan : Jika sudah dipakai, jaket jangan dilipat, jaket kulit simpan pada ruangan yang tidak lembab dan tidak kena sinar matahari langsung, cukup di gantung atau di hanger diluar lemari saja. Jika mau ditinggalkan lama, digantung memakai tas khusus / plastik jaket, serta selalu perawatan memakai lotion khusus.