Flashdisk atau disingkatnya FD merupakan sebuah alat penyimpanan data external yang berbentuk kecil yang dihubungkan ke port usb komputer atau laptop, bisa juga disabungkan ke smartphone dengan memakai konverter OTG micro usb atau otg type C.

Fungsi lain dari Flashdisk ini juga banyak seperti sebagai media pemindahan file-file besar, sebagai media aplikasi atau game portable, bisa menjadi media instalasi sistem operasi baru dan lain sebagainya.

Diantara kesitimewaan Flashdisk ini adalah bisa menyimpan data secara permanen walaupun tanpa aliran listrik pada Flashdisknya, portable mudah dibawa-bawa, harga murah, kapasitas penyimpanan cukup besar akan teteapi kekurangannya cepat rusak data bisa hilang jika digunakan sembarangan.

agar fd tidak cepat rusak

Untuk itu berikut dibawah ini adalah hal-hal penting untuk sobat Apipah yang baru saja membeli Flashdisk agar tidak cepat hilang dan data aman.

Jangan Edit File Langsung Dari Falashdisk

Ada baiknya pindahkan terlebih dahulu file yang akan diedit ke drive komputer atau laptop, tidak disarankan mengedit langsung file di flashdisk karena akan memakan banyak daya pada kinerja flashdisknya sendiri. Terutama jika spesifikasi kecepatan flashdiknya masih rendah. Jika dipaksakan edit langsung dilenya di Flashdsik dipastikan akan curropt jika terjadi mati daya pada komputer atau flashdisk tersenggol sehingga terputus.

Selalu Eject Flashdisk USB Safely Remove

Jika flashdisk dihubungkan ke laptop atau komputer ketika mau dicabut ada baiknya lakukan Safey Remove dengan melakukan eject pada ikon flashdisknya. Ikonnya biasanya terletak pada tanda panah pada bagian kanan dekat jam digital.

Proses eject ini adalah untuk memutus aktivitas flashdisk di komputer, jika langsung dicabut biasanya akant terjadi kerusakan pada flashdisk, seperti data hilang, tidak bisa di format ada tulisan wirte protect dan ketika dimasukan lagi ke komputer langsung minta format.

Begitu juga ketika memasukan flashdisk ke smartphone melalui OTG sangat disarankan untuk selalu melepas drive dari smartphone biasa ada pada bagian atas notifikasi, pada file manager merori otg, atau ada juga disebagian smartphone ada pada pengaturan untuk menonaktifkan fitur OTG nya.

Jangan Jadikan Media Instalasi Sistem Operasi Jika Spek Rendah

Khusus untuk media portable atau untuk instalasi operasi ada baiknya memakai Falashdisk yang memiliki spesfikasi tinggi seperti sudah mendukung usb 3.0 dengan kecepatan transfer 150mb/s atau selebih agar pemindahan filenya ngebut.

Demikain informasi yang bisa Apipah berikan pada minggu ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan baru Flashdisik.