Banyak kulit hewan asli yang biasa dijahit menjadi jaket seperti kulit domba, sapi, kerbau, kambing, bison, ular dan lain sebagainya. Namun pada umumnya khusus para pengrajin jaket kulit yang ada di Indonesia memakai jenis kulit domba dan sapi untuk pilihan regulernya.

Pada kesempatan kali ini Apipah hanya akan memaparkan beberapa perbedaan kulit domba dan sapi yang dikhususkan untuk pembuatan jaket kulit, berikut ini adalah perbedaaanya :

Kelembutan Kulit

Dari segi kelembutan, permukaan kulit domba lebih lembut dari pada kulit sapi. Bahkan kulit Domba sangat lentur apalagi kulit domba super nappa premium yang ketebalannya 0.5mm.

Bobot Kulit

Dari segi beratnya, kulit domba lebih ringan dari kulit sapi. Jika jaket kulit domba yang berukan XL bobotnya 1.5kg lebih maka yang jaket kulit sapi dobotnya bisa mencapai 2kg., disebabkan karena ketebaln sapinya melibih 1mm. Dengan demikian jika membeli jaket sapi secara online maka ongkirnya akan lebih mahal.

Pori-Pori Kulit Berbeda

Dari pori-pori kulit juga jelas terlihat berbeada, untuk kulit domba pori-porinya terlihat lebih lembut dan kecil. Berikut dibawah ini adalah foto kulitnya :

Contoh Kulit Domba

Beda Kulit Sapi Domba

Contoh Kulit Sapi

Mana Yang Lebih Bagus ?

Kedua jenis kulit tersebut sama-sama bagusnya karena kulit asli. Namun kembali lagi pada selera masing-masing. Jika suka yang lembut-lembut dan halus pilih kulit domba. Jika mau yang tebal, lebih berbobot ketika dipakai maka pilih jenis kulit sapi.