Diantara keluhan yang sering dialami oleh para pengguna laptop yaitu layarnya terkadang ada yang tiba-tiba rusak. Rusaknya berubah menjadi berwarna merah, bergaris, blank putih, layar seperti ada minyaknya, blank putih atau bahkan tidak menyala.

Dari ciri-ciri layar laptop dengan kerusakan yang disebutkan diatas, ternyata memiliki kerusakannya sendiri misalnya kerusakan dengan ciri :

LCD Laptop Acer Asus Axio, HP Samsung

Kabel Fleksibel LCD Rusak

Jika layar laptop tiba-tiba berwarna merah, layar begoyang kemungkinan besar adalah karena kabel fleksibel dari mainboard laptop ke laptop bermasalah. Cara ceknya biasanya jika digoyang ditekan atau digerak-gerakan layar laptopnya gambarnya ada pergerakan atau berubah.

Kabel Fleksibel LCD Laptop

Letak kabel ini ada dekat dengan engsel laptop, sehingga harus membuka dulu kasing laptop. Jika yang rusaknya bagian fleksibel tentu biaya service akan lebih murah karena harga kabel fleksibel cukup murah, mulai dari 80 ribuan sampai ratusan ribu sesuai dengan tipe laptopnya.

IC, BIOS dan LCD Rusak

Salahsatu gejala layarnya yang rusak adalah blank putih penuh dan juga bergaris-garis putih terang, namun ini juga pengecekannya harus pakai LCD tester. Khusus untuk yang blank putih bisa jadi bukan karena LCD rusak harus ganti tetapi harus cek juga bagian IC displaynya dan ini harus bongkar dan cek tegangan.

Cek Pakai Kabel VGA atau HDMI Sambungkan Ke Monitor Lain / Proyektor

Untuk pengecekan lainnya agar mengetahui kerusakannya adalah dengan cara menyambungkan laptop pada monitor komputer pc atau tv led yang ada socket hdmi / vganya atau bisa langsung ke proyektor.

Jika layar yang dihasilkan bagus atau tidak ada masalah kemungkinan besar kerusakan ada pada kabel fleksibel dan LCD. Tetapi jika tampilan sudah disambungkan ke monitor lain dan masih bermasalah atau tidak tampil kemungkinan permasalahan ada pada mainboardnya bisa pada IC BIOS, VGA atau prossesor.

Demikian Cara Cek Kerusakan LCD Layar Laptop Sebelum Servis Diperbaiki, kerusakan kabel flaksibel menjadi yang paling sering terjadi dan harga perbaikannya cukup murah. Semoga bermanfaat semoga menjadi estimasi terbaik untuk persiapan perbaikan layar laptop sobat semua.