Ada sebagian masjid-masjid di Indonesia yang masih mengamallkan tradisi Muroqi Shalat Jum’at, biasanya pembacaan muroqi pada Shalat Jum’at dipraktekan pada Shalat Jum’at yang memakai dua kali adzan.

Setelah Adzan Pertama, kemudian Shalat Sunnah dan Bilal sebagai Muroqi membaca bacaan dibawah ini, berikut teks bacaan Arabnya, tersedia juga dalam versi .pdf yang linknya ada pada bagian download paling bawah.

Tulisan yang Dica Bilal Shalat Jum’at

Bacaan Muroqi Bilal Shlat Jumat Singkat
Biasanya akan Khatib Naik Mimbar dibagian ketiga bacaan اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحمَّدٍ Sambil menyerahkan tongkat ke Khatib (jika pakai tongkat), kemudian Membaca Do’a dibawah ini sambil berbalik menghadap Qiblat.
Teks Bacaan Doa Muroqi Shalat Jumat
Selanjutnya, Khatib Mengucapkan Salam dan kemudian Bilal mengumangdakan Adzan Kedua, seterusnya Khatib mulai membacakan khutbah pertama.

Bacaan Muroqi Duduk Antara Dua Khutbah

Ketika Khatib Selesai khutbah pertama dan Duduk antara dua Khutbah, bilal membaca do’a seperti ini, biasanya dibacakan jahar atau keras. Namun ada juga yang tidak dijaharkan dengan membaca do’a masing-masing.

Teks Bacaan Muroqi Duduk Antara Dua Khutbah

Selanjutnya tugas akhir bilal adalah Iqomah setelah khatib selesai memcakan khutbah keduanya. Untuk yang mau cetak langsung dokumen pdf tentang bacaan Bilal Muroqi Shalat Jum’at ini bisa download disini.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog Apipah ini mohon ma’af jika ada kekeliruan atau ada yang kurang. Selalu cek dan perbandingkan dengan tulisan yang lain, lebih lengkapnya bisa dilihat praktek-prakteknya melalui video.