Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Quran, berada pada juz 23 dan tegolong surat Makkiyah. Jumlah ayat pada surat Yasin ini adalah 83 ayat. Dalam mushaf bisa dilihat pada halaman 440.

Berikut dibawah ini adalah Surat Yasin per halaman lengkap arabnya saja dari ayat 1-83 tulisan ini berbentuk foto/gambar. Jika tidak muncul silahkan di refresh atau reload halaman.
Surat Yasin Ayat 1-12

Surat Yasin Ayat 13-27

Surat Yasin Ayat 28-40

Surat Yasin Ayat 41-54

Surat Yasin Ayat 55-70

Surat Yasin Ayat 71-83

Diantara Keutamaan Surat Yasin

Hadits riwayat Nasa’i bersumber dari Ma’qal bin Yasar al-Muzan mengatakan, Rasulullah SAW pernah bersabda:

اقْرَؤُا يس عِنْدَ مَوْتَاكُمْ

“Bacalah surat Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.”

Dalam hadits Ma’qal bin Yasar tersebut juga disebutkan bahwa:

يس قَلْبُ القُرْآن لَا يَقْرَؤهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ الآخِرَةَ إلَّا غَفَرَ لَهُ اقْرَءُوْهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

Surat Yasin adalah jantung Al-Qur’an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.

Diriwayatkan juga: jika seorang muslim dan muslimah dibacakan surat Yasin ketika mendekati ajal maka akan diturunkan 10 malaikat berkat dari huruf-huruf Yasin yang dibaca. Para malaikat itu berdiri berbaris di samping yang sakit, membacakan shalawat dan istighfar kepadanya dan ikut menyaksikan saat dimandikan dan mengantarkan ia ke makam. (Tafsir Yasin lil Hamamy, hlm. 2)

عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَليْهِ وسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ يس فِى لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ (رواه البيهقى فى شعب الإيمان رقم 2464 وأخرجه أيضًا الطبرانى فى الأوسط رقم 3509 والدارمى رقم 3417 وأبو نعيم فى الحلية 2/159 والخطيب البغدادي 10/257 وأخرجه ابن حبان عن جندب البجلى رقم 2574)

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa membaca Surat Yasin di malam hari seraya mengharap rida Allah, maka ia diampuni” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman No 2464, al-Thabrani dalam al-Ausath No 3509, al-Darimi No 3417, Abu Nuaim dalam al-Hilyat II/159, Khatib al-Baghdadi X/257 dan Ibnu Hibban No 2574)

Dalam kitab Khazinatul Asrar disebutkan bahwa keutamaan surat Yasin adalah sebagai cara untuk memohon sesuatu. “(Dan demikian pula) surat Yasin dibaca sebanyak 41 kali untuk setiap waktu (maksudnya untuk memohon sesuatu),”

Jika dalam smartphone sobat tidak ada aplikasi Al-Quran karena memori penuh atau karena alasan lain. Membaca Al-Quran online melalui website atau blog tanpa menginstal aplikasinya bisa menjadi solusinya. Terimakasih telah mampir ke blog sederhana Apipah.