Jenis burung yang satu ini banyak disukai oleh masyarkat biasa maupun penghobi burung profesional. Baik itu karena memilki beragam warna yang cantik dan indah, burung Lovebird ini juga memiliki suara yang merdu dan durasi panjang.

Nah Apipah menulis tulisan ini karena memiliki jenis burung 2 ekor dalam satu kandang kapsul. Dimana kedua burung ini memperlihatkan aktivitas tidak wajar bisa dilihat pada video dibawah ini.

Oleh karena itu ada baiknya mengenali tanda burung lovebird berjodoh siap kawin.

Ciri-Ciri Lovebird Siap Kawin

a  Lovebird Saling Menyuapi

Bisa dilihat pada video diatas, lovebird warna hijau adalah pejantannya dan yang biru mangsi adalah betina. Terlihat sang jantan menyuapi betinanya dengan menggerak-gerakan kepalanya atau bisa juga yang betina menyuapinya.

b. Lovebird Jantan Mengalah Ketika Makan

Perhatikan ketika mereka makan, jika tempat makannya 1 pada tempat tongkrongan, Lovebird jantan akan mengalah, sang jantan makannya akan dari sisi tempat makan sambil bergelantungan dan sang kekasihnya makan dalam posisi nyaman didepan tempat makanan. Jika kejadian ini terlihat maka Lovebirdnya berjodoh.

c. Selalu Bersama Berdampingan

Dipastikan berjodoh jika selalu akur dan terus bersama berdampingan. Baik ketika bertengger maupun ketika ridur selalu berdekatan.

d. Lovebird Jantan Dibelakang Betina

Perhatikan ciri tingkah Lovebird yang ini, sang jantan akan berada dibelakang betina. Biasanya akan berjalan kebelakang betina dengan gaya berjalan tidak biasanya (Lucu) karena ingin kawin.

e. Lovebird Betina Membuka Sayap

Perhatikan juga ini sayap betina Lovebird, jika sudah ingin kawin akan membuka lebar sayapnya dan kemudian si jantan akan berada diatas punggung betina.

Jika tanda-tanda diatas sudah terlihat apalagi tanda sudah siap kawin sang betina membuka sayap lebar-lebar maka ceparlah membeli atau membuat glodok lovebird akan cepat bertelur.