Jualan online di era modern ini sudah pastinya menjadi ladang penghasil uang yang sangat mudah dalam menjangkau banyak daerah, namun menguntung juga hanya bagi orang-orang yang giat dan mengerti ilmunya. Nah pada kesempatan ini Apipah sedikit memberikan informasi tentang tips mudah untuk pemula jualan online di Shopee agar laris manis menarik banyak pembeli secara gratis.

Alasan kenapa judul tulisan ini khsusus Shopee karena, pada tips ini ada beberapa tips yang tentunya hanya bisa dilakukan di Shopee. Pada umumnya nanti akan sama dengan marketplace lain seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya. Berikut ini adalah tips-tips mudahnya ?

Bikin Fans Page Sosial Media

Fans page akun jualan di sosial media sangatlah penting, agar produk kamu lebih dikenal oleh banyak orang. Bisa bikin di FB, IG, Tiktok, Youtube, Twitter dsb. Rajin postingan agar bisa menjangkau lebih banyak  pembeli.

Bikin Postingan Review dan Video

Selalu membuat deskripsi tentang keunggualan produk yang dijual, baik itu berupa teks ataupun video bisa menjadi lebih baik. Upload di sosial media secara rutin agar rank akun naik. Kemudian arahkan pembeli ke toko online.

Bikin Judul Produk Menarik

Judul juga sangat berpengaruh untuk mendeskripsikan sedikit tentang produk, bisa menambahkan kata-kata yang menjadi keunggulan produk seperti hemat, terbaru, limited, model, kekinian dll. begitu juga dengan nama model atau gaya produk. Karena dipastikan marketing produk itu berbeda-beda. Maka penting untuk mengintip cara kompetitor berpromosi.

Tulis Deskripsi Lengkap dan Jelas

Pada bagian deskripsi usahakan selengkap-lengkapnya, ceritakan tentang keunggulan produk dan juga berikan garansi barang rusak, pengembalian barang dll. Deskripsi produk sangat penting, semakin banyak kata yang berkaitan dengan produk semakin bagus nantinya di hasil pencarian produk.

Harga Bisa Bersaing, Berikan Bonus

Perlu diketahui di Shopee atau marketplace lain penjualnya bangak dan juga bisa menjual barang dan merk yang sama. Untuk itu persaingan harga semakin ketat, lebih murah sedikit atau harga ditambah pakai bonus bisa jadi ide bagus.

Tambah Fitur Paket Promo Harga Diskon

Pada bagian fitur “Promosi Saya” Shopee ada paket promo, promo ongkir, atau voucher ikuti toko supaya banyak follower.

Agar Toko Shopee Banyak Pembeli

Pakai Fitur Naikan Produk

Fitur ini disediakan oleh Shopee, kamu bisa memasukan 5 produk pilihan. Usahakan naikan produk yang sudah memiliki review rating bintang terbaik. Fitur ini berlaku 4 jam sekali untuk menaikan produk. Maksud menaikan produk tersebut adalah produk akan berada ke urutan teratas ketika dipencarian, namun tentu ini juga akan bersaing dengan penjual lain.

Agar toko shopee laris pembeli

Promosikan di Shopee Video

Fitur terbaru dari Shopee kita bisa upload video layaknya Tiktok, kamu bisa promosikan produk melalui fitur ini. Jika tidak punya video produk, buat saja slide produk kemudian pakai musik, yang penting update jangan sampai terdiam membisu.

Aktifkan Fitur COD dan Semua Ekpedisi

Untuk pemula sangat direkomndasikan fitur COD di aktifkan, pada pencarian produk sangat bepengaruh. Begitu juga untuk ekpedisinya, bisa dicoba mengaktifkan semua kurir ekpedisi, biasanya ada promo free ongkir atau cashback dari ekpedisi tertentu sehingga toko atau produk bisa direkomendasikan oleh sistem Shopeenya.

Seperti itulah beberapa tips agar jualan online di Shopee bisa menarik banyak pembeli untuk pemula secara gratis. Sedangkan untuk berbayarnya pasang iklan langsung di Shopee, namun tentu harua reset pengalaman dulu karena praktek beriklan tiap jenis produk memiliki strategi berbeda.