Wajib Baca 9 Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

Toko Online Penipu
Wajib Baca 9 Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu
4.8 (96.92%) 26 votes

Pada kesempatan minggu ini, akhirnya Apipah bisa kembali berbagi informasi tulisan di blog sederhana. Sekarang pembaca dapat mengetahui tips belanja online di internet agar tidak kena tipu.

Tips-tips yang akan disampaikan ini adalah pengalaman pribadi, yang mungkin saja akan sedikit berbeda dengan lainnya.  Dinilai perlu untuk disampaikan karena belanja daring atau online ini menjadi aktivitas biasa di jaman modern sekarang.

Cari Situs Website Penjual Terpercaya

Sebelum kita berbelanja online tentu saja kita mencari toko online yang menjual produk yang akan beli, kita bisa mencarinya melalui browser. Kita bisa langsung beli ke toko onlinenya atau melalui marketplace.

Marketplace adalah sebuah penengah antara penjual dan pembeli, marketplace merupkan website atau media tempat berkumpulannya para seller atau penjual, ibarat pasar tradisional yang ada pada tempat suatu.

Sistem pembayarannya sangat bagus, yaitu jika belanja di marketplace uang belanjaan kita tidak langsung ke penjual tetapi masuk ke dompet atau bank marketplace yang kemudian jika barang sudah tiba diterima pembeli uang tersebut akan diteruskan ke penjual. Contoh marketplace, Shoopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan mungkin masih banyak lagi. Lihat Pengalaman Belanja Import di Shopee

Perhatikan Foto Produk Yang Asli

Jangan sampai kita membeli barang yang tidak sesuai dengan foto yang dipajan, atau jangan sampai fotonya saja yang dikirim he, he.

Jika Apipah selalu meminta foto aslinya langsung bisa melalui foto atau video call langsung melalui WA, namun transaksi tetap melalui marketplace.

Jika penjual tidak mau video call atau mengirim foro produk aslinya, Apipah cari yang lainnya. Karena bisa saja penjualnya hanya dropshiper yang barangnnya di penjual lain. Jadi tidak mengetahui kondisi barang yang akan dikirim. Namun kadang Apipah juga langsung beli, jika barangnya murah dan tidak ada lagi dipenjual lainnya.

Jika membeli produk makanan atau minuman seperti susu kambing, susu sapi, susu formula bayi, atau makanan lainnya. Maka perlu diperhatikan adalah nomor registrasi BPOM RI, Label Halal dan juga tanggal kadaluarsa.

Bagaimana Dengan Ulasan Produknya

Seperti pada pengalaman belanja import dari China melalui marketplace Shopee, sellernya tidak mengirimkan foto aslinya, karena alasan barangnya masih digudang. Tetapi karena ulasan-ulasannya banyak yang bagus dan disediakan juga foto produknya, akhirnya Apipah percaya dan langsung membelinya.

Keunggulan belanja di marketplace salahsatunya adalah kita bisa melihat ulasan-ulasan para pembeli, yang tentu saja ulasan tersebut asli bukan ulasan palsu.

Harga Menentukan Kualitas

Jangan tergiur dengan harga murah, jika kamu membeli barang dengan harga yang paling murah sesudah dibandingkan dengan produk lain yang sama.

Walaupun pada fotonya terlihat bagus dan mewah tetapi harganya sangat murah, maka kita jangan sampai tergoda atau terkecoh, karena sudah pasti ada sesuatu yang aneh dan tidak mungkin barang berkualitas terbaik harganya sangat murah. Maka melihat ulasan-ulasan para pembeli sangatlah penting dalam hal seperti ini.

Namun harus hati-hati juga, bahkan menjadi sebaliknya harga mahal tetapi kualitasnya barangnya jelek banget. Maka solusinya adalah bertanya pada seller, lihat ulasan dan cari info dari weblainnya.

Coba Cek Nomor SKU Produk

SKU adalah singkatan dari Stock Keeping Unit merupakan kode unik yang diberikan pada setiap item barang produk yang akan dibeli atau dijual.

Kamu bisa memperhatikan Nomor SKU pada sebuah produk di toko online tertentu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Nah,, ini bisa kamu copy nomor SKU kemudian cari di G00gle. Biasanya Nomor SKU ini sama antara penjual satu dan lainnya.

Nah ini bisa menjadi informasi lanjutan untuk produk yang akan kamu beli, bisa membandingkan harga dan mengetahui penjual utamanya. Namun nomor SKU ini biasanya ada di website toko-toko online yang bukan marketplace.

Perhatikan Alamat Toko dan Pengiriman

Jika kamu berniat membeli suatu produk di toko online, maka perhatikan alamat atau toko penjualnnya. Apakah memiliki toko fisik atau hanya online saja.

Saran dari Apipah belanjanya jangan terlalu jauh dari kota kamu atau jangan sampai belanja antar pulau. Yang ditakutkan Apipah adalah kita kecewa jika produk tidak sesuai dengan foto dan deskripsi, biasanya ada garansi pengembalian barang untuk ditukar kembali. Namun perlu diketahui bahwa biasanya ongkos kirim ditanggung oleh pembeli, dan tentunya ini akan mengeluarkan uang ongkir lagi dan banyak waktu yang terbuang.

Jangan Langsung Klaim Penipuan

Saran dari Apipah, jika kita belum menerima barang yang kita beli. Ada baiknya jangan langsung mengklaim hal tersebut merupakan penipuan.

Tetapi kita lihat & cek terlebih dahulu nomor resi pengiriman produk, bisa saja penjual sudah mengirimkan barang belanjaan online kita tetapi ada masalah di ekpedisi. Maka selalu cek nomor resi pembelian kita, bisa saja karena alamat tidak lengkap atau terjadi sesuatu pada kurir seperti kecelakaan diperjalanan.

Jangan Terburu-buru Belanja Online

Ini yang sering Apipah lakukan, jika benar-benar barang yang akan dibeli tidak tersedia di toko fisik disekitar rumah maka baru cari di internet.

Begitu juga setalah menemukan barang yang akan kita cari, maka kita melihat terlebih dahulu ulasan-ulasan barang baik melalui artikel ataupun video.

Tempat Belanja Online Paling Aman dan Nyaman

Selama ini yang Apipah rasakan dalam belanja daring atau online, yang paling aman dan nyaman adalah melalui marketplace. Karena memiliki fitur-fitur yang bermanfaat dan menguntungkan baik itu untuk penjual dan juga pembeli.

Seperti adanya ongkir gratis, potongan harga dan yang paling penting adalah sebagai penengah jika barang tidak kunjung sampai kita bisa membatalkan pesanan dan jika ada permasalahan dan penjual kita bisa dibantu dan berikan solusinya.

Selain marketplace juga jika website toko online lengkap seperti adanya alamat lengkap apalagi ada daftar cabang tokonya, fitur chating ada, foto-fotonya asli bukan dari web lain, csnya profesional dan hal-hal lainnya yang membuat pembeli nyaman.