Laptop

10 Tips Merawat Memakai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Jika sekarang ini sobat Apipah baru membeli laptop, nampaknya sangat cocok membaca tulisan ini, karena akan sangat bermanfaat agar laptop tidak cepat rusak.

Karena jika rusak biaya service laptop tidaklah murah dan cukup merepotkan harus bongkar casing laptop, apalagi jika sampai yang rusaknya ada di bagian motherboard, layar dan keyboard sudah pasti laptopnya dibongkar.

Tips Agar Laptop Awet Tidak Mudah Rusak

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa tips penting agar laptop tidak cepat rusak dan sangat penting diketahui oleh pengguna laptop baru, jangan sampai menyesal laptop baru sebulan sudah rusak karena salah dalam perawatannya.

Jangan Digunakan Terus Menerus

Perlu di ingat laptop itu bentuknya ringkas dan portable, dibuat dan desain untuk kebutuhan portable juga. Jadi jangan digunakan terus-menerus. Perhatikan suhu laptop jangan sampai overheat, semahal apapun laptopnya jika digunakan terus menerus tanpa istirahat akan menyebabkan hardware lebih cepat rusak. Normal penggunaan laptop kurang dari 4 jam.

Jangan Disimpan Lama

Begitu juga jangan terus disampan lama, karena banyak pengalaman laptop yang disimpan lama juga banyak yang rusak seperti baterai kembung, keyboard jadi tidak berfungsi, layar ngblank karena lembab dan menjadi sarang semut. Jika disimpan lama ada baiknya ditempat yang layak dan memakai Silica Gel agar tidak lembab

Jangan Memakai Laptop di Atas Bantal / Kasur

Penempatan penggunaan laptop juga sangat perlu diperhatikan, memakai laptop diatas bantal / kasur sangat tidak dianjurkan. Karena dapat menyebabkan panas berlebih pada laptop apalagi akan dipakai dalam keadaan lama.

Memakai Kipas Pendingin Rekomen Banget

Didalam laptop juga sudah ada sistem pending dengan memakai kipas, namun tidak ada salahnya memakai kipas pendingin tambahan apalagi ketika digunakan dirumah atau kantor. Namun usahakan untuk daya listrik kipas pendinginnya lebih baik memakai colokan adapter casan handphone jangan langsung masuk ke port usb laptop agar konsumsi daya laptop tidak terlalu besar karena kipas pendingin.

Jangan Membiarkan Baterai Habis

Kebiasaan yang sering membuat laptop rusak tanpa sadar adalah membiarkan baterai laptop sampai habis 0%. Kebiasaan ini membuat baterai laptop cepat ngdrop tidak bertahan lama, isi baterai laptop jika sudah 20%. Perlu diketahui bahwa baterai laptop harganya cukup mahal antara 400 – 700 ribuan.

Jangan Menutup Layar Ketika Masih Panas

Ini berkaitan dengan kesehatan layar dan keyboard, tips dari Apipah ini usahakan jangan sering menutup layar laptop ketika mesin masih panas apalagi langsung dimasukan ke tas. Efek suhu panas dari mesin bisa menjadi uap dan bisa menyebabkan sebagian tombol keyboard tidak berjalan karena lembab dan pada layar laptop juga tidak baik karena terkena efek suhu panas.

Selalu Bersihkan Keyboard

Bersihkan laptop dari berbagai macam kotoran debu yang masuk pada sela-sela keyboard, ada baiknya memakai alat vacum cleaner atau penyedot debu khusus laptop.

Bermain Game Berat Tidak Sesuai Spesifikasi Laptop

Jangan memaksakan game yang tidak cocok dengan laptop, ada baiknya cek dulu anjuran spesifikasi laptop untuk gamenya. Jika patah-patah sudah dipastikan tidak baik untuk dimainkan dilaptop dan jika dipaksakan bisa berakibat patal pada mesin laptopnya.

Jangan Download Software Sembarangan

Mendownload software sembarangan apalagi ilegal bisa saja menyimpan virus dan malware yang berbahaya bagi laptop dan mencuri data penting di laptop. Biasanya tanda adanya virus setelah mengisnal software yang mengandung virus dan malware kipas laptop jadi berisik berputar kencang, hardisk dan memori memakan source tinggi walaupun tidak membuka aplikasi berat.

Rekomen Pakai Tas Khusus Laptop

Khususnya untuk kamu yang suka bawa laptop kemana-mana apalagi memakai motor sangat direkomendasikan memakai tas khusus laptop yang didalamnya ada space khusus laptop dan pada bagian bawahnya ada bantalan tebal untuk melindungi laptop dari benturan.

Recent Posts

  • Nadoman Sunda

Nadoman Sunda Syarat Sah Shalat Ada 8 Perkara Teks Lirik dan Video

Pada video dibawah ini menunjukan penampilan 3 santri junior yang menunjukan aksinya diatas panggung pada…

7 bulan ago
  • Nadoman Sunda

Nadoman Fardhu Wudhu Bahasa Sunda dan Pembatalannya

Untuk temen-temen yang sekarang ini sedang mencari video audio tentang Nadhoman fiqh sunda macam-macam fardhuna…

7 bulan ago
  • Toko Online Murah

Beli Jaket Kulit Sintetis Murah Garut Desain Sendiri

Jika ingin harga lebih murah sobat bisa memiliki jaket kulit sintetis secara online dengan desain…

7 bulan ago
  • Aplikasi
  • Internet

Jika Tidak Bisa Tarik Tunai Saldo Dana Begini Caranya

Sebagaimana yang kita ketahui aplikasi Dana adalah salahsatu dompet digital yang banyak dipakai saat ini.…

9 bulan ago
  • Aplikasi

Aplikasi Bel Sekolah Otomatis Gratis dan Mudah

Untuk sobat Apipah yang sekarang ini sedang mencari aplikasi atau software bel sekolah otomatis, mungkin…

12 bulan ago
  • Furniture

Merk Cat Menyala Dalam Gelap Untuk Tembok, Kayu, Besi, dll

Ingin cari cat yang unik dan berbeda dengan yang lain ? ini dia cat yang…

12 bulan ago